Menu

Bunga Langka di Nagari Sungai Taleh Paninjauan, Raflesia Arnoldi bakal Mekar Sempurna

  Dibaca : 106 kali
Bunga Langka di Nagari Sungai Taleh Paninjauan, Raflesia Arnoldi bakal Mekar Sempurna
BAKAL MEKAR— Pengendali Ekosistem Hutan Balai BKSDA Resort Agam Ade Putra meninjau bunga Raflesia Arnoldi di Data Sungai Taleh Palupuh yang bakal mekar sempurna dua pekan lagi.

AGAM, METRO
Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra memprediksi bunga Rafflesia jenis Arnoldi bakal mekar sempurna dalam dua pekan ke depan, di Data Sungai Taleh, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya.

“Bunga langka ini diprediksi mekar dengan ukuran lebih kurang 100 centimeter,” ujar Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra, Sabtu (7/11).

Dikatakan, ciri-ciri bunga Rafflesia akan mekar sudah terlihat, seperti mulai terangkatnya perigon atau kelopak dari tabung knop yang sudah memancarkan warna merah maron. “Knop bunga itu dilindungi UU Nomor 5 tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan lingkaran mencapai 122 centimeter,” ujar Ade.

Menurutnya, apabila bunga Rafflesia jenis Arnoldii ini mekar, maka akan terlihat indah karena tumbuhnya di permukaan tanah yang datar. Di lokasi itu, katanya juga ada bunga Rafflesia yang sudah melewati fase mekar sempurna tujuh individu, serta ditemukannya sembilan knop di dua lokasi dengan jarak sekitar 100 meter. “Ini berdasarkan monitoring yang kita lakukan, Jumat (6/11), dan juga dilakukan setiap bulannya,” sebut Ade.

Dijelaskannya, lokasi bunga Rafflesia itu ditemukan pada 2018, yang berjarak sekitar tiga kilometer dari jalan lintas Lubuk Basung- Bukittinggi. Sedangkan jarak tempuh dari terakhir kendaraan sekitar 20 menit perjalanan dengan topografi relatif landai. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional