Menu

BUMNag Koto Ranah Dharmasraya, Tetap Berkibar dan Untung di Tengah Pandemi

  Dibaca : 48 kali
BUMNag Koto Ranah Dharmasraya, Tetap Berkibar dan Untung di Tengah Pandemi
FOTO BERSAMA—Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Koto Ranah di Jorong Koto Tuo, Nagari Koto Ranah Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasyara foto bersama.

DHARMASRAYA, METRO–Badan Usaha Milik Na­gari (BUMNag) Koto Ranah di Jorong Koto Tuo, Nagari Koto Ranah Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dhar­masraya  masih tumbuh positif di masa pandemi Covid-19. Salah satu BUM­Nag yang mampu me­ngu­rangi pengangguran dan kemiskinan melalui pem­berdayaan masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar).

Direktur BUMNag Koto Ranah, Agus Wirawan, SKM dalam wawancara media ini, Selasa (13/7/2021) mengatakan kontribusi BUMNag terhadap pencip­taan lapangan kerja  hingga saat ini tercatat jumlah karyawan sebanyak 9 orang, sedangkan untuk kar­ya­wan harian lepas seba­nyak empat orang de­ngan komposisi yang beru­bah-ubah sesuai kebutu­han dilapangan.

“BUMNag ini kontri­bu­sinya sangat besar bagi pendapatan Nagari Koto Ranah, sekitar Rp.221,2 juta omset pendapatan pada tahun 2020, sementara da­lam pengembangan eko­nomi kreatif meraih peng­hargaan sebagai Nagari­BRIlian yang diseleng­ga­rakan BRI,” kata Agus Wi­ra­wan dalam kete­rangan­nya, Selasa (13/7).

Di samping itu, untuk kontribusi bagi pengem­bangan dan pember­da­yaan masyarakat diimple­mentasikan melalui bebe­rapa program yang ber­dam­pak langsung terha­dap masyarakat, meliputi santunan anak yatim dan dana sosial kepemudaan. Sedangkan untuk pengem­bangan ekonomi masya­rakat, BUMNag yang di­dirikan pada tanggal 25 Mei 2016 ini, mewadahi UMKM yang ada di Nagari Koto Ranah dan membantu da­lam pemasaran produk unggulan yang memiliki standar kualitas yang baik serta program pemberian kredit/ pinjaman yang dila­kukan oleh unit Usaha Sim­pan Pinjam.

Agus Wirawan me­ngung­kapkan berdasarkan Pera­tu­ran Nagari Koto Ranah No1 2016 BUMNag didiri­kan, dikelola dan dimiliki oleh Pemerintah Nagari yang mengutamakan ke­man­faatan umum demi kesejahteraan masyarakat serta bersifat mencari ke­un­tungan. Diawal berdi­rinya BUMNag ini hanya bergerak bidang wisata Nagari dengan meman­faat­kan rawa Nagari yang kemudian dibersihkan dan diberi wahana sepeda air, kemudian pada tahun 2017 rawa tersebut dibangun menjadi embung yang ke­mudian dikenal dengan nama Embung Koto Ranah.

“Saat ini, meski pan­demi masih melanda, ha­dirnya BUMNag Koto Ra­nah dengan berbagai unit usaha yang ada juga mem­buka peluang bagi ma­syarakat Nagari Koto Ra­nah untuk memperoleh kesempatan bekerja seba­gai Karyawan/Pengurus unit usaha BUMNag Koto Ranah. Sehinggasecara tidak langsung kehadiran BUM­Nag mengurangi pe­ng­a­nguran yang ada di Na­gari Koto Ranah,” kata­nya.

Dia menegaskan me­mang harapan BUMNag Koto ranah kedepan, dapat menjadi BUMNag yang bukan saja mampu mandiri dengan menghasilkan pro­fit untuk PAD Nagari, na­mun juga dapat membe­rikan benefit yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat seperti pendi­dikan gratis bagi pemuda pemudi Nagari Koto Ranah yang ingin melanjutkan keperguruantinggi. Serta pengobatan gratis bagi masyarakat miskin Nagari Koto Ranah.

Tumbuhnya usaha BU­M­Nag Koto Ranah ini tak terlepas dari dukungan berbagai pihak, baik dinas terkait ditingkat kabupaten Dharmasraya maupun pro­­gram binaan Dinas PMD Provinsi Sumbar.

Direktur BUMNag Koto Ra­­nah, Agus Wirawan me­nyam­paikan eksistensi se­la­ma ini juga berkat ke­mitraan de­ngan PT. Incasi Raya da­lam pengiriman buah sawit, BRI Kanca Dhar­masraya (Brilink), BNI Kanca Dhar­masraya (BNI 46 dan PT. Mutiara Medya Mandiri. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional