Close

Buku Kesehatan Ibu dan Anak Berhuruf Braille Dilaunching

BUKU KIA BRAILLE— Wali Kota Padang Hendri Septa bersama dengan Tim Pengabdi STIKes Mercubaktijaya Padang yang telah melaunching Buku Kesehatan Ibu dan Anak Berhuruf Braille, Kamis (2/12).

A.YANI, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa memberikan ap­resiasi kepada Tim Pengabdi STIKes Mercu­baktijaya Padang yang telah melaunching Buku Kesehatan Ibu dan Anak Berhuruf Braille.

Hal itu disampaikannya sewaktu melaunching se­cara resmi buku Suluh Bina Netra Sehat Reproduksi yang merupakan modi­fikasi dari Buku Kesehatan Ibu dan Anak berhuruf Braille tersebut dalam ke­gia­tan Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasio­nal (HDI) tingkat Kota Pa­dang tahun 2021 di Palanta Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Kamis (2/12) pagi.

Hadir di kesempatan itu Ketua Tim Pengabdi dari STIKes Mercubaktijaya Padang Dian Furwasyih serta Anggota I Sunesni dan Anggota II Ilham Aker­da Edyyul. “Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita menyambut baik dan mengap­resiasi dialunchingnya Bu­ku Kesehatan Ibu dan Anak berhuruf Braille dari STIKes Mercubaktijaya Padang ini. Semoga bermanfaat khususnya bagi kesehatan ibu dan anak tunatera di Kota Padang,” ungkap Wako.

Sementara itu Ketua Tim Pengabdi dari STIKes Mercubaktijaya Padang Dian Furwasyih menyebutkan, Buku Suluh Bina Netra ini merupakan produk luaran dari kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ia lakukan bersama tim dari ta­hun 2019 hingga 2021.

“Buku ini berisikan informasi kesehatan mulai dari masa kehamilan, persalinan, nifas, serta kesehatan anak hingga usia 6 tahun,” ujar dia.

Buku ini terangnya, dicetak dengan huruf Braille sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi kesehatan bagi para ibu yang tunanetra beserta suami.

“Isi buku ini terdiri dari menjelaskan tentang kehamilan, masa persalinan, masa nifas, dan kesehatan anak. Buku ini diharapkan dapat dimiliki oleh semua pasangan usia subur dengan tunanetra dan menjembatani akses informasi kesehatan reproduksi untuk pasangan saudara kita yang tunanetra. Buku ini juga dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi pada fasilitas pelayanan kesehatan yang inklusi dan ramah disabilitas,” terangnya menjelaskan.

Lebih lanjut Dian Furwasyih juga mengharapkan support dari berbagai pihak terutama Pemko Padang. Dengan itu ia berharap Buku Suluh Bina Netra tersebut bisa dimiliki oleh semua pasangan disabilitas netra yang sedang merencanakan kehamilan maupun sedang dalam pengasuhan anak.

“Karya ini adalah salah satu produk luaran pemenang hibah dana penelitian dan pengabdian ma­syarakat dosen di lingkungan STIKes Mercubaktijaya Padang pada tahun anggaran 2021. Alhamdulillah pembuatannya selesai dengan baik dan dilaunching hari ini oleh bapak Wali Kota Padang,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top