Close

Bukit Pulai Panasahan dan Bukit RCTI Longsor, Polisi Berlakukan Buka Tutup Urai Kemacetan

PEMBERSIHAN— Alat berat melakukan pembersihan material longsor di ruas jalan penghubung kecamatan Batang Kapas - Kecamatan IV Jurai.

PESSEL, METRO–Akibat hujan dengan intensitas tinggi, tebing tanah yang berada di kawasan Bukit Pulai RCTI Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, longsor, Rabu (29/9) pukul 18.00 WIB. Akibat longsor tersebut,  setengah badan jalan tertutup material tanah, batu dan pohon.

Pantauan koran ini di lapangan, ada dua titik longsor, di depan Mako Pol Airud, Polres Pessel dan Bukit RCTI.  Terparah longsor berada di depan Mako Sat Pol Airud Polres Pessel. Membuat antrian kendaraan dari dua arah hampir satu kilometer lebih.

Satu unit Ekskavator mini milik Dinas Pekerjaan Umum, Pessel di terjunkan untuk membersihkan material tanah bercampur lumpur.

“Kalau hujan,  di daerah Bukit Pulai, Bukit RCTI dan Bukit Batu Tembak sangat rawan longsor.  Itu kondisi tanah bukitnya sangat labil dan bisa saja sewaktu-waktu terjadi longsor, seperti kali ini ,” jelas Andri (23) salah seorang pengendara sepeda motor.

Anggota Satlantas Polres Pessel, dibantu Polsek IV Jurai, Polres Pessel diturunkan ke lokasi untuk melakukan pengaturan lalu lintas. Lantaran hanya setengah badan jalan, petugas pun terpaksa member­laku­kan buka tutup selama proses pembersihan mate­rial longsir.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, melalui Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Riwal Maulidinata membenarkan terjadi longsor di wilayah hukum Polres Pessel, tepatnya di kawasan Bukit Pulai Panasahan dan Bukit RCTI.

Riwal mengatakan, setelah hampir dua jam lebih pukul 20.00  WIB,  longsoran tanah bercampur lumpur berhasil dibersihkan dengan menggunakan satu unit alat berat ekskavator mini.

“Kita juga telah turunkan anggota Lantas dilokasi, untuk melakukan pengaturan lalu lintas, “  katanya.

Iptu Riwal Maulidinata mengimbau pada pengen­dara agar selalu berhati-hati. Karena potensi hujan se­lain membuat jalan menjadi lincin. Tanah bukit yang biasa dilintasi pengendara juga rawan terhadap longsor.

“Saya mengimbau warga untuk selalu berhati-hati. Karena memang kondisi hujan ini jalan licin. Jadi mari kita jaga keselamatan lalulintas selama berkendara. Sementara itu kendaraan datang dari dua arah diberlakukan buka tutup, alias satu arah,” pungkasnya. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top