Menu

Buka Lapangan Kerja Baru

  Dibaca : 138 kali
Buka Lapangan Kerja Baru
MONITOR—Meski sedang cuti kampanye, Cawagub Ali Mukhni selalu peduli dan memonitor pembangunn didaerahnya, Batang Anai.

PDG.PARIAMAN, METRO
Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat H Ali Mukhni mengatakan strategi untuk menciptakan lapangan kerja adalah adanya pembangunan yang berorientasi untuk memberi peluang pembukaan lapangan kerja yang produktif.

“Sejalan dengan itu perlu peningkatan sumberdaya manusia dalam pembukaan lapangan kerja baru dalam propinsi Sumatra Barat untuk lebih baik,” kata calon Wakil Gubernur Sumatra Barat H Ali Mukhni, kemarin.

Katanya, permasalahan pengangguran, merupakan permasalahan nasional yang menyangkut hayat hidup orang banyak, dan merupakan tanggung jawab pemerintah sehingga perlu mendapat perhatian serius. Masalah pengangguran bagi Indonesia bersifat sangat kompleks sehingga memerlukan pemecahan yang arif secara konseptual.

“Karena itu solusi mengatasi pengangguran harus melibatkan Pemerintah, Dunia Usaha, Asosiasi Dunia Perbankan, serta Masyarakat Umum,” kata Cawagub Ali Mukhni saat tinjau Pembangunan Asrama Haji.

Dikatakan, pesatnya pembangunan selama memimpin Padangpariaman selama satu dekade, menjadikan Padangpariaman sebagai daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumbar. Lahan yang dulunya kosong, tidak dimanfaatkan disulap menjadi pembangunan yang menyerap tenaga kerja dan membuka peluang lapangan kerja bagi pencari kerja.

“Contohnya, Asrama Haji ini, sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Yang dulunya menganggur sekarang sudah jadi pekerja harian, tenaga swakelola atau security. Apalagi kalo sudah selesai, tentu banyak tenaga kerja yang dibutuhkan,” katanya.

Diakui kerja nyata Ali Mukhni membangun daerah dan menggaet dana pusat bernilao trilyunan rupiah telah merubah wajah Sumtera Barat. Artinya, komitmen pembangunan untuk menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya beli masyarakat. Pada masa pandemi Covid-19 ini, hampir semua kegiatan yang bersumber pada APBD dialihkan sehingga pergerakan ekonomi melambat.

“Jalan tol masih lanjut, asrama haji, stadion, jalan dan jembatan masih lanjut. Artinya, masyarakat masih bisa bekerja menafkahi keluarganya. Adanya kepastian pendapatan ditengah pandemi covid-19,” ujar Mantan Ketua DPW PAN Sumbar itu.

Peran Pemerintah Daerah mengurangi pengangguran, tambah Ali Mukhni, perlu adanya kebijakan pembangunan yang kondusif bagi penciptaan lapangan kerja, penyederhanaan birokrasi perijinan dan pelayanan publik, penyederhanaan retribusi, pengembangan komoditas unggulan, pe ningkatan kerjasama, dan keterpaduan Pusat dan Daerah.

“Jika Bapak Mulyadi dan Saya diberi amanah pimpin Sumbar, Insha Allah, Kita fokus mensejahterakan masyarakat. Yang sudah selesai kuliah, bisa bekerja. Yang menganggur dilatih menjadi professional. Lahan yang kosong , kita bersinergi dengan pemerintah pusat untuk dimanfaatkan,” kata Ketua Umum Alumni UNP itu. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional