Close

Budidaya Potensi Tanaman Hias di Kota Solok Didukung Kementan RI

PENGEMBANGAN KOMODITAS HORTIKULTURA— Wako Solok Zul Elfian menghadiri penandatanganan MoU pengembangan komoditas hortikultura orientasi ekspor.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok Zul El­fian berharap dengan a­danya dukungan Kemen­terian Pertanian RI dalam mendorong berkembang­nya potensi tanaman hias yang tengah dikembangkan di Kota Solok. Maka, dengan adanya dukungan tersebut banyak pihak, dalam memberi akses dan dorongan dalam upaya pengembangan tanaman hias dan sektor pertanian di Kota Solok. Sehingga, sektor ini akan lebih menjanjikan sebagai sumber pendapatan daerah dan masyarakat.

Wako Zul Elfian saat ikut menghadiri penandatanganan MoU pengembangan komoditas hortikultura orientasi ekspor, menilai Kementan RI men­dorong pertumbuhan ekspor tanaman hias. Dan ini menjadi peluang bagi Kota Solok yang tengah me­ngem­bangkan tanaman hias.

Apalagi tanaman hias memiliki peminat yang sangat besar bahkan di luar negri. Menurutnya, tanaman hias memiliki potensi yang sangat besar dalam pasar global. Dan digital system adalah cara baru untuk menciptakan tukar menukar pasar yang lebih baik.

Dan Pemko Solok menurutnya akan terus mendorong dinas terkait untuk menciptakan inovasi guna mengangkat kesejahteraan petani. inovasi tersebut bisa menjadi peluang baru dalam membuka lapangan kerja.

Namun menjawab tantangan jaman dengan per­kembangan tehnologi, Zul Elfian menilai digitalisasi menjadi sesuatu yang sa­ngat tepat. Dan peluang ini bisa menjadi gerbang atas akses bisnis tanaman hias dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Apalagi lanjut Zul Elfian, Kementan RI mengajak ma­syarakat Indonesia untuk menumbuhkan potensi dan bisnis tanaman hias berskala besar. Ia berpendapat, produk florikultura itu merupakan nafas ekonomi yang bisa di­kem­bangkan petani untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan luar negeri (ekspor).

“Saya melihat ini adalah sebuah potensi, yang potensi ini belum dimaksimalkan oleh masyarakat. Tapi kalau sudah coba dimaksimalkan ternyata dampak­nya sangat luar biasa,” katanya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top