Menu

Budidaya Ikan Nila dengan Teknologi Bioflok, Bisa Panen Tiga Kali Setahun

  Dibaca : 106 kali
Budidaya Ikan Nila dengan Teknologi Bioflok, Bisa Panen Tiga Kali Setahun
TINJAU—Walikota Sawahlunto Deri Asta tinjau lokasi kelompok peternak ikan Sisiak Wangi di Mudiak Air.

SAWAHLUNTO, METRO
Sukses membudidaya ikan Nila dengan sistem bioflok. Kelompok peternak ikan nila Sisiak Wangi bisa panen sampai dua kali selama setahun sejak pendirian kelompok tani (Keltan) peternak ikan ini.

Hal ini diungkapkan Ketua Kelompok Sisiak Wangi Dwi Fandi. Menurutnya dari teknologi Bioflok ini sudah sampai dua kali panen. “ Benar sejak berdiri Maret 2019 sampai sekarang kita sudah panen sampai dua kali, kelompok kami terdiri dari 10 anggota,” ujar Fandi.

Fandi menambahkan, awal mula pemikiran tentang teknologi ini. “Ide berusaha budidaya iklan nila, kami dapat dari YouTube. Lalu, bersama teman-teman mewujudkannya,” kata Fandi, kepada media dilokasi, Selasa (24/3)

Walikota Sawahluto Deri Asta menyambangi usaha ternak ikan kelompok itu, meyakini menjadi pilot projek berhasil karena digerakkan anak muda yang punya motivasi.

Deri mengatakan ternak ikan dengan sistem bioflok hasilnya jauh lebih bagus, mutu ikan lebih baik dan otomatis memberi efek pada harga. Secara ekonomis memberikan keuntungan di waktu yang sangat cepat.

“Tugas kita selanjutnya, mengawal dan mengintervensi agar kelompok ini berjalan baik,” ujar Deri Asta optimis melihat kemauan pemuda dari Mudiak Air ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, Lelis Eplienti mengatakan, kelompok ini sudah sejak awal didampingi penyuluh pertanian lapangan.
Dimulai membentuk kelompok, cara pemeliharaan hingga panen.

“Kedepan, kita tetap memperhatikan kelompok ini sehingga mereka tetap bekerjasama selalu. Secara berkelompok kita lebih mudah memberi pembinaan, termasuk persoalan yang dihadapi mereka,” tutur Lelis. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional