Menu

Budidaya Ikan Air Tawar Tingkatkan Ekonomi

  Dibaca : 489 kali
Budidaya Ikan Air Tawar Tingkatkan Ekonomi
LEPAS BIBIT— Wako Genius Umar saat melepaskan bibit ikan.

WALI Kota Pariaman H Genius Umar, kemarin, melakukan pelepasan benih ikan di kali irigasi yang berada di Desa Kampuang Kandang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman.

”Pelepasan benih ikan ini sangat berguna untuk membudidayakan ikan air tawar dalam Kecamatan Pariaman Timur,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Katanya, budidaya ikan air tawar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Makanya, Pemko Pariaman akan memberikan pelatihan para petani ikan, sehingga mereka emahami standard operating procedure (SOP) budidaya ikan air tawar.

“Contoh sederhananya jika selama ini budidaya gurameh dimulai dari benih, maka petani ikan akan mengikuti standarnya yakni mulai dari indukan. Dengan demikian, jika harus mengikuti kompetensi, petani ikan sudah paham SOP-nya,” katanya.

Selain itu, adanya sertifikat yang diberikan kepada petani ikan tersebut juga akan berdampak pada penjualan komoditas ikan air tawar. Ia mengatakan produk ikan yang sudah bersertifikat akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi di pasaran.

“Bahkan sangat memungkinkan petani ikan lokal melakukan ekspor hingga ke Eropa,” ujarnya.

Namun untuk memasuki pasar tersebut, produk ikan air tawar harus mengikuti persyaratan dan prosedur yang sudah ditentukan di masing-masing negara Eropa.

Seperti di Perancis yang mengatur bahwa ikan yang masuk harus bebas dari pakan antibiotik dan ditunjukkan dengan sertifikat.

“Jadi kita mengharpkan kepada masyarakat petani ikan agar terapkan cara budidaya ikan yang baik. Jadi pakan dan proses budidayanya pun jauh dari antibiotik. Sertifikat itu akan menjadi penunjuk bahwa produk ikan produk unggulan dan tidak menggunakan pakan antibiotik,” tandasnya.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional