Menu

Budi Harto Dilantik sebagai PAW Anggota DPRD Agam

  Dibaca : 335 kali
Budi Harto Dilantik sebagai PAW Anggota DPRD Agam
Ketua DPRD Agam Novi Irwan saat melantik Budi Harto sebagai PAW Anggota DPRD Agam Masa Bakti 2020-2024

Ketua DPRD Kabupaten Agam Novi Irwan melantik Budi Harto sebagai Pengganti Antar waktu (PAW) Anggota DPRD Agam Periode 2020-2024. Pelantikan Budi harto sebagai PAW ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Agam beserta anggota, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli dan Asisten Kepala OPD di lingkungan Pemkab Agam.

Selain itu, juga hadir Ketua TP-PKK, GOW dan DW Agam serta alim ulama cadiak pandai LSM dan wartawan. Ketua DPRD Agam, Novi Irwan mengatakan, bahwa sebagaimana diketahui pada 12 September 2019 yang lalu, DPRD Agam berduka. Dimana salah satu senior dan anggota terbaik DPRD Agam dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) yaitu Arman J Piliang meninggal dunia.

Kemudian kepergian yang begitu mendadak dalam suasana kebersamaan yang baru saja terjalin tentu membuat kesedian yang begitu mendalam. Akan tetapi seiring doa dan harapan semangat dan cita-citanya yang belum tersampaikan akan selalu dikobarkan seiring dengan panjangnya tugas yang akan kita laksanakan kedepanya jelasnya

Kemudian tahapan proses yang mesti dilakukan oleh lembaga DPRD, mulai dari proses pemberhentian antar waktu (alm) Arman J Piliang sebagai Anggota DPRD Agam. Sampai dengan proses PAW atas nama Budi Harto sudah dilakukan sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Dimana pada 13 Januari 2020 lanjut Novi Irwan, Gubernur Sumatra Barat menggeluarkan Keputusan Nomor 171-6-2020 tentang Peresmian Pemberhentian Antar Waktu Anggota DPRD Agam atas nama (alm) Arman J Piliang dan Surat Keputusan Nomor 171-7-2020 tentang peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Budi Harto sebagai Anggota DPRD Agam sisa masa jabatan 2020-2024 yang berlaku pada saat diucapkan.

“Sebagaimana Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 198 ayat (6) Pasal 114 ayat (1) Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertip DPRD dan Pasal 115 ayat(1) menyatakan bahwa Anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW), sebelum memangku jabatannya, mengucapkan sumpah/janji yang dipandu oleh Pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna DPRD Agam melalui Bamus,” tukasnya.

Dimana sebelumnya Bamus telah mengagendakan pelaksanaan rapat Paripurna Peresmian Pemberhentian dan Peresmian Pengangkatan PAW Anggota DPRD Agam. “Berkaitan dengan telah dilaksanakan Pengucapan Sumpah /janji Pengganti Antar Waktu (PAW) Saudara Budi Harto sebagai Anggota DPRD sisa jabatan 2020-2024, untuk itu kami ucapkan selamat bergabung dan bertugas di lembaga DPRD Kabupaten Agam ini,” tukasnya.

“Kiranya saudara dapat mengemban dan melaksanakan tugas-tugas yang telah diamanatkan masyarakat kepada saudara dengan bijaksana dan penuh rasa tanggung jawab. Sebagaimana diketahui bahwa aspirasi masyarakat yang semakin berkembang dan kritis sebagai akibat dari era komunikasi dan informasi teknologi yang semakin mengglobal, rasional, objektif dan professional dan membangun kebersamaan. Karena kita yakin dengan bekersamaan persatuan dan kesatuan itu akan menjadi untuh dalam mewujudkan cita-cita untuk membangun diri dan masyarakat kearah yang lebih maju harapannya,” ungkapnya.

Wabup Agam Trinda Farhan Satria menuturkan bahwa berkaitan dengan telah dilaksanakan pengucapan sumpah/janji PAW Budi Harto sebagai Anggota DPRD sisa masa jabatan 2020-2024, ia mengucapkan selamat bergabung dan bertugas di Pemerintah Kabupaten Agam ini.

“Kami berharap saudara Budi Harto dapat mengemban dan melaksanakan tugas-tugas yang telah diamanatkan oleh masyarakat dengan bijaksana dan penuh rasa tanggung jawab. Pengalaman yang tidak akan cepat dilupakan. Namun seiring dengan doa semangat dan cita-citanya yang belum tersampaikan akan terus kita lanjutkan,” katanya.

Disamping itu sesuai dengan regulasi, jika salah satu anggota DPRD meninggal dunia maka harus dilaksanakan proses penggantian. Proses ini meliput Pemberhentian Antar Waktu Arman J Piliang sebagai Anggota DPRD Agam.Sampai proses Penggantian Antar waktu atas nama Budi Harto.

Kedua Proses ini lanjut Trinda sudah dilakukan oleh DPRD Agam sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pada pertengahan Januari 2020, Gubernur Sumatera Barat telag menggeluarkan Keputusan tentang Peresmian Pemberhentian atas namaArman J Piliang.

“Untuk itu mari kita bangun kebersamaan, karena kita yakin dengan kebersamaan cita-cita kolektif masyarakat membangun diri dan masyarakat Agam madani yang adil dan sejahtera. Sehingga dengan kebersamaan mewujudkan Agam Madani negeri yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” harapnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional