Close

Budayawan dan Seniman Terima Anugerah Kebudayaan

PENGHARGAAN--Gubernur dan pimpinan DPRD menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang dianggap berhasil mengembangkan koperasi dan koperasi syariah. Selain itu juga diberikan anugerah kebudayaan pada individu dan kelompok yang melestarikan dan memajukan bidang adat dan penelitian, kesenian, cagar budaya.

Sejumlah tokoh bu­dayawan, seniman dan komunitas seni menerima Anugerah Kebudayaan Sumatera Barat (Sumbar) 2021 dalam rangkaian Si­dang Paripurna HUT ke-76 Provinsi Sumbar..

“Penghargaan ini dibe­rikan kepada pejuang ke­budayaan yang telah mem­berikan dampak  po­sitif terhadap daerah,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam Rapat Paripurna di DPRD Pro­vinsi Sumbar.

 Anugerah Kebuda­ya­an merupakan penghar­gaan yang diberikan Pe­me­rintah Provinsi Su­ma­tera Barat kepada individu kelompok dan atau lem­baga yang dinilai ber­kontribusi pada kemajuan kebudayaan.

Pemberian anugerah itu adalah kali kedua yang dilakukan dalam sidang paripurna DPRD Sumbar. Sebelumnya A­nugerah Kebudayaan ju­ga diberi­kan pada 14 orang atau komunitas pada 2020.

Delapan orang yang mendapatkan Anugerah Kebudayaan 2021 masing-masing untuk kategori Maestro Yus Dt Parpatiah dan Rusli Marzuki Saria, kategori pelestari Mestika Zed dan Umar Malin Par­mato.

Sementara itu, untuk kategori pencipta/pelo­por/pembaharu diberikan kepada Edy Utama, Elly Kasim, Pramono serta kategori komunitas diberi­kan kepada Sanggar Bun­do Kanduang.

Mahyeldi menyebut penghargaan tersebut ju­ga bisa diberikan kepada tokoh yang telah mening­gal dunia tapi tidak bisa lagi diberikan kepada to­koh yang telah pernah mendapatkan anugerah kebudayaan sebelum­nya.

“Anugerah ini akan di­berikan setiap tahun seba­gai bentuk penghargaan dari pemerintah daerah kepada pihak-pihak yang berkontribusi pada pera­daban,” ujarnya.

Sebagai daerah yang berfalsafah Adat Ba­san­di Syarak, Syarak Ba­sandi Kitabullah adat dan bu­daya merupakan salah satu tiang yang harus terus dilestari­kan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top