Close

Buang Sampah Sembarangan di Kota Pa­dang, 8 Warga Jalani Sidang Tipiring

SIDANG TIPIRING— Delapan warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan menjalani sidang tipiring di Mako Satpol PP Padang, Rabu (15/9) pagi.

TAN MALAKA, METRO–Delapan orang warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan menjalani sdiang tipiring, yang digelar secara virtual di Mako Satpol PP. Sidang ini dipimpin hakim tunggal dari Pengadilan Negeri Padang, Rabu (15/9) pagi.

Kepala Dinas Ling­ku­ngan Hidup (DLH) Kota Pa­dang Mairizon yang ikut hadir dalam sidang ke­ma­rin, menjelaskan, DLH ber­kolaborasi dengan Sat­pol PP Kota Padang melakukan patroli di wilayah Kota Padang dari tanggal 30 Agustus sampai 3 September. Petugas melakukan pengawasan dititik yang sering diduga masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, petugas mendapati warga ini mem­buang sampah di median jalan.

Delapan orang warga Padang harus didenda se­suai tipiring karena telah melanggar Perda Nomor 21 tahun 2012. Dalam si­dang yang digelar secara virtual tersebut, mereka dijatuhi hukuman sanksi membayar denda atau kurungan penjara tiga hari.

Namun,  kepada ter­duga mengakui kalau ia be­nar telah membuang sam­pah sembarangan dan ber­­­sedia membayar denda se­suai sanksi yang dibe­rikan, adapun kepada me­reka yang terjaring terse­but adalah di wilayah Ku­ranji dan Pauh.

“Warga yang disidang ini kedapatan membuang sampah sembarangan ma­ka dipanggil dan di­sidang di Mako Satpol PP mereka dilakukan tipiring sesuai dengan Perda yang ber­laku. Tim Dinas Ling­ku­ngan Hidup ber­sama Pol PP mendapati mereka mem­buang sam­pah di median jalan,” ujar Mairizon.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Padang Alfiadi mengatakan dalam rangka upaya menciptakan kondisi bersih dan indah, maka perlu upaya penindakan bagi para pelanggar.

“Kita berharap kepada masyarakat agar tetap mematuhi aturan, marilah buang sampah pada tem­pat­nya dan sesuai dengan wak­tu yang telah diten­tu­kan, bagi yang kedapatan melanggar akan kita tindak tegas,” tegas Alfiadi. (ade/tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top