Menu

Buang Sampah Sembarangan bisa Direkam, DPRD Dukung DLH Beri Insentif Rp100 Ribu

  Dibaca : 50 kali
Buang Sampah Sembarangan bisa Direkam, DPRD Dukung DLH Beri Insentif Rp100 Ribu
Mairizon

SAWAHAN, METRO–Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry menyambut baik langkah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam pemberian insentif bagi pelapor yang melaporkan warga yang buang sampah semba­ra­ngan, dengan mengan­tongi identitas lengkap pe­la­ku. Hal itu sebagai sa­lah satu cara untuk memberi kesadaran warga agar ti­dak membuang sampah sem­barangan.

“Kita mendukung hal itu. Namun, pelakunya ja­ngan langsung dikasih sank­si berat,” ujar kader Par­tai Demokrat ini, Selasa (14/6).

Ia menyampaikan, lang­kah yang dilakukan DLH itu sebuah efek jera bagi warga yang mem­buang sampah. Jika telah diamankan petugas serta ke depan pelaku lain tak mau lagi membuang sam­pah sembarangan.

“Pengawasan personel perlu dilakukan di la­pa­ngan. Agar Kota Padang be­nar-benar tacelak dan pelaku pembuang sampah dapat diciduk langsung. Patroli harus juga dilaku­kan DLH untuk me­masti­kan dengan bekerjasama aparat Satpol PP,” papa­r­nya.

Ia juga mengimbau ke­pada warga Padang untuk menjaga kebersihan kota.­Ini dengan tidak buang sampah sembarangan dan hanya membuangnya pa­da lokasi yang disediakan yakni, bak sampah atau truk terbuka milik DLH.

“Janganlah membuang sampah ke sungai, atau saluran drainase. Sebab itu dilarang dan merusak pe­man­dangan serta me­nyum­­bat aliran air,” pa­par­nya.

Sebelumnya, ada tawa­ran yang menarik dan kem­bali digiatkan Dinas Ling­kungan Hidup Kota Pa­dang. Setiap masyarakat yang berhasil membuntuti pelaku pembuang sampah sembarangan dan mere­kam­nya, maka akan diberi in­sentif sebesar Rp100 ribu.

“Ini bisa menjadi alter­natif usaha sampingan di masa pandemi ini karena ada uangnya. Nantinya, setiap video yang berhasil mengungap identitas pela­ku pembuang sampah sem­barang akan kita beri in­sentif Rp100 ribu. Kalau ada sebulan itu beberapa 10 video, maka sudah bisa dapat Rp500 ribu,” kata Kepala DLH Kota Padang, Mairizon, Senin (14/6).

Dijelaskan, caranya ada­lah dengan mengirim­kan video ke nomor Whats­App 08116618630. Vi­deo yang dikirimkan harus memuat identitas pelaku. Seperti wajah atau muka yang jelas atau identitas lainnya. Sehingga kasus­nya bisa disidik dan ditipi­ringkan.

Jika memenuhi syarat, maka DLH akan mem­pro­ses pembayaran insentif  ke rekening pelapor tanpa membo­cor­kan rahasia jati diri si pe­lapor. “Intinya,  pelapor cu­kup melampirkan foto KTP. Kita akan proses, kita minta nomor rekeningnya. Nanti uang ditransfer ke rekening yang bersangkutan. Ra­hasia identitas pelapor dija­min,” kata Mairizon.

Sebelumnya, menurut Mairizon, pada tahun 2020 lalu, program ini juga sudah disemarakkan. Dan seka­rang kembali disosilis­asi­kan lagi.  Tujuannya adalah untuk memberikan efek jera kepada pelaku pem­buang sampah semba­ra­ngan sekaligus memu­puk ke­sadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Sehingga terwujud lingkungan yang bersih dan nyaman. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional