Close

Buah Manis Transformasi dan Digitalisasi, PLN Raih 5 Penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement Award 2022

PENGHARGAAN--PT PLN (Persero) menyabet lima penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement Award 2022 Bussines Asia Indonesia, Rabu (19/10) di Jakarta.

Jakarta, METRO–PT PLN (Persero) me­nyabet lima penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement A­ward 2022 Bussines Asia Indonesia, Rabu (19/10) di Jakarta. Penghargaan ini sebagai salah satu apresiasi atas transformasi yang dilakukan PLN dalam menjawab tantangan digitalisasi dan disrupsi saat ini.

Ketua Dewan Juri, Heru Sutadi, menyampaikan selamat dan apresiasi kepada PLN yang sudah berhasil melakukan transformasi digital dan inovasi pro­ses bisnisnya.

“Para Pakar Dewan Juri menilai PLN sukses me­lakukan transformasi digital dan berhasil mening­katkan pelayanan terha­dap pelanggan dan mitra bisnisnya,” ungkap Heru.

Dalam ajang ini, dua penghargaan diraih oleh PLN, yaitu Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sebagai Best CEO Indonesia. Sedangkan PLN selaku perusahaan mendapatkan Best Digital Technology in Energy Services.

Darmawan menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari upaya transformasi yang dilakukan PLN sebagai sebuah langkah dalam menjawab tantangan global saat ini. Sebagai BUMN yang melayani masya­rakat, PLN harus tampil adaptif dan lincah sehingga bisa memitigasi persoalan global.

“Ada perjuangan di seluruh lini PLN untuk menata seluruh proses bisnis. Dari yang berserak, terfragmentasi, dikonsolidasi dan menjadi terintegrasi. Dari yang serba manual menjadi terdigitalisasi. Dari yang serba lambat menjadi sangat cepat. Dari berbelit menjadi sangat ringkas. Dari penuh kelema­han dan celah, menjadi kuat dan sangat andal,” ucap Darmawan.

Darmawan me­nam­bah­­kan, proses transformasi akan terus dijalankan untuk membuat pelayanan pelanggan lebih baik lagi.

“Transformasi tidak ha­nya di sisi manajemen, tetapi juga teknologi, budaya perusahaan, teknikal skill baru, dan semua aspek lain. Kami lakukan itu secara paralel demi meng­ubah perusahaan yang sebelumnya statis menjadi dinamis dan forward looking,” jelas Darmawan.

PLN Nusantara Power mengantongi satu penghargaan sebagai Best Di­gital Innovation in Electri­city Energy. Sedangkan, PLN Icon Plus mendapatkan dua penghargaan yai­tu Best Overall Digital Innovation and Achievement dan Best Digital Innovation Telecommunication.

Darmawan menjelaskan dalam operasional pem­bangkitan PLN Nusantara Power melakukan inovasi digital untuk mengefisiensikan proses bisnis­nya.

Salah satu inovasi yang dilakukan melalui penerapan aplikasi IZAT (Aplikasi Zero Accident Assistant). Aplikasi ini merupakan optimalisasi seluruh proses bisnis khususnya keselamatan kerja mulai dari pembuatan aplikasi, pe­ngelolaan perencanaan, pe­laksanaan, pengenda­lian dan evaluasi proses bisnis. Sehingga dalam o­perasional, perusahaan bisa memenuhi standart SMK2 (Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan) & NFPA (National Fire Protection Association) dengan memanfaatkan teknologi (Radio-Frequency Identification) be­rikut NFC (Near Field Communication) dan diintegrasikan dengan aplikasi mobile dan web.

Sedangkan PLN Icon Plus, menurut Darmawan adalah bentuk ekspansi bisnis yang dilakukan PLN dalam mengoptimalkan aset perusahaan berupa kabel fiber optic. Selain menghadirkan layanan ko­neksi internet broadband yang andal, PLN juga meng­hadirkan customer experience melalui layanan digital seperti Electric Vehicle Digital Service (EVDS).

“Ini salah satu bentuk langkah optimalisasi aset sehingga aset yang kita miliki bisa memberikan tambahan revenue perusahaan dan peningkatan layanan kepada masya­rakat,” pungkas Darma­wan. (rel/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top