Close

BSCCN, Gabungan Berbagai Pelaku Ekraf

RAKOR— Sekdis Pariwisata Kota Solok, Ratnawati memimpin rakordengan perwakilan dari delapan kelompok pelaku Ekraf untuk pembentukan BSCCN Kota Solok.

SOLOK, METRO–Pemerintah Kota (Pemko) Solok mendukung terbentuknya Forum Bareh Solok Creative City Network (BSCCN). Forum ini merupakan gabungan berbagai pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) yang terdapat di kota itu.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Solok, Ratnawati mengatakan, dengan terbentuknya forum BSCCN nantinya dapat memajukan ekonomi kreatif di Kota Solok. Pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) di Kota Solok diharapkan bergabung dan berkolaborasi bersama-sama guna memajukan ekonomi kreatif di Kota Solok dengan sistem jejaring.

“Rapat koordinasi (Rakor) ini diikuti oleh beberapa orang yang merupakan perwakilan dari delapan kelompok pelaku ekonomi kreatif di Kota Solok, yakni dari pelaku seni pertunjukan, kuliner, fashion, photography, musik dan pe­laku film, videography dan sektor lainnya,” kata Ratnawati, kemarin.

Melalui BSCCN nanti­nya dapat memfasilitasi pe­laku ekonomi kreatif untuk membangkitkan sektor ekonomi kreatif. Ratnawati juga me­ngatakan Kota Solok harus didorong dengan kekuatan gagasan melalui partisipasi dan kolaborasi warga.

“Kolaborasi itu sesuatu yang harus diadopsi semua kota karena pemerintah tidak bisa sendiri, ada pengusaha, ada komunitas, ada media, ada akademisi, semua berkolaborasi,” ka­ta Ratnawati.

Ia juga mengharapkan, forum ekonomi kreatif yang tergabung ke dalam BSCCN Kota Solok bisa menggandeng semua komponen dan pelaku eko­nomi kreatif nantinya, se­hingga usaha mereka bisa berkembang dan dapat mengangkat kesejahtera­an masyarakat Kota Solok.

Ketua BSCCN Kota Solok, Mellya Fitri mengatakan forum ini merupakan lembaga yang bergerak di bidang ekonomi kreatif, pariwisata, pendidikan dan budaya.  Selain itu, forum ini bertujuan sebagai wa­dah untuk membina dan meningkatkan bakat serta minat anggota dalam bi­dangnya masing-masing secara jejaring.

BSCCN juga diharapkan dapat mengembangkan, me­­ma­jukan dan membantu Pemerintah dalam pem­ba­ngunan ekonomi kreatif, pariwisata, pendi­dikan dan budaya.

“Di mana untuk Kota Solok sendiri mempunyai potensi yang besar untuk mengembangkan pelaku ekonomi kreatif di berbagai bidang. Oleh karena itu, sangat sayang kalau potensi yang ada ini tidak kita bina dan manfaatkan de­ngan sebaik mungkin,” ujar Mellya Fitri. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top