Menu

Brigjen Kunto Lantik Adib Alfikri Jadi Ketum FONI Sumbar

  Dibaca : 657 kali
Brigjen Kunto Lantik Adib Alfikri Jadi Ketum FONI Sumbar
LANTIK— Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Ketua PB FONI, Dandrem 032 Wirabraja, Brigjen Kunto Arief Wibowo mengukuhkan pengurus Federasi Orientering Nasional Indonesia (FONI) periode 2019-2024, di auditorium Gubernuran Sumbar, Sabtu (23/11).

PADANG, METRO – Komandan Resort Militer (Danrem) 032 Wirabraja Brigjen Kunto Arief Wibowo yang Selaku Ketua PB Federasi Orientering Nasional Indonesia bersama Gubernur Provinsi Sumbar Irwan Prayitno mengukuhkan kepengurusAN Federasi Orientering Nasional Indonesia (FONI) Sumbar priode 2019-2024, di auditorium Gubernuran Sumbar, Sabtu (23/11).

Dalam pengukuhan tersebut, Adib Alfikri ditunjuk sebagi ketua umum FONI Sumbar . Pada kesempatan itu Gubernur Sumbar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena merupakan olahraga jenis baru. “ Olahraga ini tidak banyak yang tahu, untuk itu olahraga ini sangat cocok diberikan kepada remaja. Hal ini disebabkan, memiliki kemampuan otak, fisik dan memiliki kecepatan waktu serta target,” katanya dihadapan ratusan pelajar Kota Padang.

Selain itu, Irwan menambahkan, kegiatan ini sangat cocok untuk di Sumbar, karena terdapat bukit, gunung, hutan, dan sungai sehingga olahraga ini memiliki tantangan. “ Tidak ada salah bila olahraga ini dimasukkan kedalam ekstra kulikuler di sekolah, karena olahraga ini memiliki nilai yang positif dan tentunya menjadi sehat,” imbuhnya.

Sementara Ketua umum FONI Sumbar, Adib Alfikri kepercayaan dari Danrem Brigjen Kunto merupakan amanah kepada dirinya.

“Lebih lanjut ini merupakan kepercayaan dan pengabdian. Kedepannya didaerah akan berkalobarasi dengan Kodim dan kami didaerah juga ada Kacapdin jadi koordinasi dan sosialisasinya akan jalan nanti. Kita berfikir persamaan persepsi kita akan mulai dari sekolah seperti dikatakan pak Danrem tadi kita berfikir kemasa depan dengan untuk perkembangan olahraga Orientering dimulai dari pelajar. Jadi prinsipnya kaderisasi lima sampai sepuluh tahun kedepan,”ulasnya.

Adib menyebutkan, menuturkan,olahraga ini menggunakan teknologi.

“ Diharapkan olahraga ini dapat masuk ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), sehingga melahirkan atlet-atlet yang berprestasi,”katanya

Ketua Umum Pengurus Pusat FONI. Brigjen Kunto Arief Wibowo menjelaskan, sebagai wadah membagun kareakter kepada generasi muda.

“ FONI sendiri sudah masuk 15 provinsi di Indonesia, dan Sumbar memiliki potensi yang sangat besar dan tempatnya pun strategis,” jelasnya.

Lebih lanjut dituturkan, keanggotaan FONI dalam cabor yang masuk dalam induk olahraga Indonesia yakni KONI saat ini sedang dirintis, “Diperaturnya kita minimal 17 Pengda. Kita tinggal dua lagi Pengda yang sedang kita kejar untuk syarat masuk dalamm KONI, InsyaAllah secepatnya, “ pungkas Jenderal Bintang Satu itu

Sementara Komisi lima DPRD Sumbar Yusuf Abit, sangat merespon adanya olahraga ini.

” Kegiatan ini bentuknya cepat tanggap, diharapkan kepada kepala sekolah mengarahkan siswa kedalam kegiatan ini,” imbuhnya.

Orientering merupakan outdor yang dibekali sebuah peta topografi secara khusus. Dan dengan bekal yang minim itu pula, peserta sangat dituntut mampu bergerak cepat, gesit dan tepat untuk menemukan control point yang telah ditentukan panitia. Selain mengandalkan fisik untuk berbagai outbond, peserta orienteering juga diajak berpikir.

Orienteering merupakan salah satu cabang olahraga yang sejatinya dilakukan di alam bebas. Oleh sebab itu pula, selain kesehatan fisik, juga sangat diperlukan kemampuan dan keterampilan membaca navigasi peta dan kompas.

Pada pelantikan tersebut juga dilak kan simulasi kegiatan yang bertemakan dalam penerapan penguatan pendidikan karakter serta pengaktifan sispala tangguh bencana ini, diikuti perwakilan SMA se Kota Padang di Lingkungan Gubernuran Sumbar. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional