Menu

Breefing Ala Kabid Humas Diskominfo Kota Payakumbuh, Jaga Stablitas Kinerja

  Dibaca : 45 kali
Breefing Ala Kabid Humas Diskominfo Kota Payakumbuh, Jaga Stablitas Kinerja
ARAHAN—Kabid Kehumasan Diskominfo Kota Payakumbuh Aulia Fajrin berikan arahan saat rapat kemarin.

POLIKO, METRO–Untuk menjaga stabilitas kinerja, Bidang Kehumasan Dinas Komunikasi dan Infor­matika Kota Payakumbuh me­miliki kebiasaan melakukan briefing, pengarahan yang ha­rus diberikan setiap saat ke­pada para karyawan atau bawa­han untuk mensosialisasikan aturan-aturan dan kebijakan-kebijakan yang telah dibuat.

“Briefing ini harus dibiasa­kan, sebab tidak gampang me­ngubah kebiasaan briefing yang biasanya tidak ada menjadi ada. Banyak yang menganggap re­meh kebiasaan briefing yang dilakukan setiap hari, padahal sebetulnya briefing sangat penting dan sangat vital agar suatu informasi dapat diterima dengan cepat,” kata Kabid Kehumasan Diskominfo Kota Payakumbuh Aulia Fajrin saat diwawancara di Media Centre lantai 1 balai kota, Senin (7/6).

Bersama jajaran di Bidang Kehumasan, Kabid Aulia Fajrin biasanya melakukan briefing evaluasi kinerja minimal sekali sebulan, sedangkan untuk briefing bersama tim liputan hampir setiap pagi dilakukan untuk membagi tugas dengan para reporter Humas.

“Pelaksanaan kerja di bi­dang humas perlu briefing. Kalau tidak, kita akan bekerja sendiri-sendiri dan tidak ada kerjasama. Ini akan tetap dila­kukan dan diagendakan se­bagai proses evaluasi kerja,” kata Aulia Fajrin, Kabid yang baru menjabat beberapa bulan lalu di Diskominfo Kota Paya­kumbuh.

Menurut Aulia, pekerjaan di Diskominfo tergolong lebih banyak dari OPD lain, apalagi di humas. Dituntut ekstra untuk bekerja, menurutnya harus dinikmati prosesnya.

“Tapi, ada pula masanya kita bekerja walaupun kegiatan ke­pala daerah atau pemko minim dan bisa santai sejenak. Tetapi ada suatu waktu tugas men­dadak didapatkan dari pim­pinan,” ujarnya didampingi Kasi PSKP Walid Afebri Ramos, Kasi PPID Yuhana Hidayani, dan Kasi Statistik Bismikal.

Untuk itu, menurut Aulia, pembagian kerja di tim liputan dan seluruh pekerjaan dibagi oleh koordinator liputan (Korlip) yang telah ditunjuk. Disaat melaksanakan satu peliputan, bisa saja ada pekerjaan di tem­pat lain yang lebih mendesak, maka dituntut kegesitan reporter melaksanakan peliputan kegiatan.

“Dalam breefing ini, disam­paikan masukan terkait kece­patan bekerja, verifikasi hasil tugas, serta hasil pemantauan kepada opini publik sebagai acuan sejauh mana kinerja dalam jangka pendek,” jelas­nya.

Menurut Reporter Humas Ako Tuyama, kegiatan briefing bahkan sudah ada dilakukan sejak zaman kabid humas yang lama. Bergantipun kepemim­pinan, kegiatan ini sudah men­jadi kebiasaan dan terus dila­kukan.

“Di zaman bapak Irwan Su­wandi pada 2019 sudah dibia­sakan, lalu dioptimalkan oleh bapak Hermanto di 2020, dan tahun 2021 ini di zaman bapak Auli Fajrin, kabid humas muda yang energik. Kami merasakan banyak fungsi briefing untuk menyampaikan masukan-ma­sukan kepada atasan terkait pekerjaan, bahkan kami juga bisa melaporkan bila ada ken­dala yang dihadapi di lapa­ngan,” pungkasnya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional