Menu

Brazil vs Argentina, Final Ideal

  Dibaca : 243 kali
Brazil vs Argentina, Final Ideal
Argentina melaju ke final Copa America 2021 usai menaklukkan Kolombia melalui adu penalti pada semifinal.

Juara 14 kali Argentina akan berduel dengan juara bertahan, tuan rumah, dan pemilik sembilan gelar Brasil dalam partai pemungkas Copa America 2021. Duel dua tim terbaik Amerika Selatan ini mendapatkan label Superclasico de las Americas.

Argentina melaju ke final Copa America 2021 usai me­naklukkan Kolombia melalui adu penalti pada semifinal. Semen­tara itu, sang tuan rumah Brasil menyingkirkan Peru untuk mere­but satu tiket ke laga puncak turnamen sepak bola terbesar negara-negara Amerika Selatan tersebut.

Duel Argentina vs Brasil pun disebut sebagai final ideal Copa America edisi kali ini. Terakhir kali Brasil bersua Argentina pada la­ga final Copa America ada­lah pada tahun 2007. Pada saat itu, Brasil sukses me­nga­lahkan Argentina de­ngan skor telak 3-0 pada pertandingan final di Stadion Jose Pa­chen­cho Romero, Mara­caibo, Venezuela.

Adapun, laga Argentina vs Brasil pada final Copa America 2021 bakal digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Ming­gu (11/7) pagi WIB. Duel Argentina vs Brasil kali ini juga ba­kal mempertemukan dua sahabat lama, Lionel Messi dan Neymar. Messi ber­hasil membukukan empat gol dan lima assists dari enam penampilan di Copa America 2021. Sementara, Neymar mencetak dua gol plus tiga assists dari lima pertandingan.

Argentina dan Brasil merupakan dua tim terbaik di kawasan Amerika Sela­tan. Brasil adalah pe­ngo­leksi lima gelar juara Piala Dunia dan sembilan trofi Copa America. Sementara, Argentina tercatat dua kali memenangi Piala Dunia dan 14 kali menjuarai Copa America.

Sayangnya, Argentina sudah lama tak meraih gelar juara di turnamen mayor. Trofi terakhir La Albiceleste adalah Copa America 1993. Sedangkan sang rival, Brasil, meru­pakan juara Copa America edisi 2019.

Pertemuan pertama timnas Argentina dengan timnas Brasil tercatat pada 20 September 1914. Pada saat itu, Tim Samba Brasil menang 3-0. Sejak saat itu, Argentina dan Brasil terlibat rivalitas sengit di pentas internasional.

Salah satu duel terkenal Argentina vs Brasil adalah pada babak penyisihan grup Piala Dunia 1978 yang dise­but sebagai “The Battle of Rosario”. Meski skor akhir adalah 0-0, kedua tim terlibat pertarungan mene­gangkan dan keras di la­pangan.

Kemudian pada Piala Dunia 1990, pertemuan Argentina kontra Brasil mela­hirkan skandal “air suci” yang berujung tersing­kirnya Tim Samba. Pada turnamen yang digelar di Italia tersebut, Argentina bersua Brasil pada babak 16 besar. La Albiceleste berhasil menang 1-0 me­lalui gol tunggal Claudio Caniggia pada menit ke-81. Namun, perhatian tertuju pada bek Brasil, Branco, yang kewalahan menjaga bintang Argentina, Diego Maradona.

Usut punya usut, Bran­co kehilangan fokus dalam menjaga Maradona kare­na ia meminum air yang diberikan oleh staf Argentina. Minuman terse­but kabarnya sudah diberi obat pene­nang. Untuk meng­hindari insiden se­rupa, Brasil lantas memutuskan untuk membawa air mineral dari negaranya sendiri ketika ber­tamu ke kandang Argentina pada 2009.

Sementara itu, ada perbedaan soal rekor pertemuan ke­dua tim berdasarkan klaim Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dan Federasi Sepak Bola Brasil (CBF). Namun, berdasarkan data yang dihimpun Transfermarkt, Argentina dan Brasil telah bertemu 105 kali dalam pertandingan resmi FIFA.

Brasil mendominasi de­ngan 44 kemenangan, ber­banding 39 kemenangan milik Argentina. Semen­tara, 22 sisanya berakhir imbang. Legenda Brasil, Pele (8), tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol terba­nyak dalam perte­muan ke­dua tim. Sedang­kan Lionel Messi (5) meru­pakan pe­main aktif dengan jumlah gol terbanyak. Ada­pun, perte­muan terakhir Argentina kontra Brasil adalah pada 2019 dalam laga di Stadion King Saud University, Ri­yadh, Arab Saudi. Hasilnya, Argentina menang 1-0 lewat gol se­mata wayang Lionel Messi. (*/rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional