Menu

BPTD Wilayah III Sumbar Gelar Aksi Bersih

  Dibaca : 140 kali
BPTD Wilayah III Sumbar Gelar Aksi Bersih
AKSI BERSIH—Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar melakukan gerakan nasional aksi bersih-bersih perlengkapan lalu lintas jalan. (romi/posmetro)

PADANG, METRO – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar melakukan Gerakan Nasional Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (Sipantas Jalan), Selasa (13/8). Kegiatan tersebut merupakan giat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang di lakukan serentak di 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Ditlantas Polda Sumbar, Jasa Raharja, Dishub Provinsi Sumbar, serta Dishub Kabupaten Kota di Sumbar ini di pusatkan di Jalan Nasional Bukittinggi-Padang tepatnya di dekat Malibo Anai Resort Kab. Padang Pariaman.

Terlihat, Kepala BPTD wilayah III Provinsi Sumbar Ariyandi Ariyus serta didampingi oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan BPTD Wil. III Prov. Sumbar EFRIMON, Dirlantas Polda Sumbar yang di wakili oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Jamaris, Sekretaris Dishub Provinsi Sumbar Alfiandri, serta Kepala cabang Jasa Raharja Sumbar Yudha, hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala BPTD wilayah III Sumbar Ariyandi Ariyus menjelaskan bahwa kegiatan Sipantas jalan ini adalah salah satu bagian dari kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2019 serta juga dalam rangka memeperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 74.

“Kegiatan Sipantas Jalan ini dilaksanakan untuk mengembalikan fungsi perlengkapan jalan guna meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan. Penting juga diingat bahwa dengan Sipantas Jalan kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa perlengkapan jalan adalah bagian dari fasilitas keselamatan yang harus dipelihara dan dijaga bersama,”ujar Ariyandi.

Selain itu, dikatakan oleh Ariyandi fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menjamin perlengkapan jalan tersebut bisa kembali seperti semula.

“Seperti yang kita lihat, kebanyakan Rambu Lalu Lintas ini kotor diakibatkan oleh debu dan asap kendaraan, kita juga telah melakukan test dengan menggunakan alat khusus test Rambu Lalu Lintas (Retroreflection Measurements) yang menunjukkan angka di bawah standar, hal ini menunjukkan rambu lalu lintas tersebut harus di lakukan perawatan dengan membersihkannya,” jelas Ariyandi.

Dilanjutkannya, hanya bermodalkan sabun cuci/deterjen dan biaya yang sangat rendah, keadaan rambu lalu lintas tersebut kembali seperti semula bahkan melebihi dari standar kelayakan yang ada dari alat test rambu tersebut.

“Bagi pengguna jalan, apabila rambu lalu lintas ini kotor maka mereka akan kesulitan dalam menentukan arah kemana mereka lewat dikarenakan tidak berfungsinya secara maksimal rambu lalu lintas itu sendiri, tentu ini sangat berpengaruh terhadap tata cara berlalu lintas bagi pengendara,”ungkap Ariyandi.

Dikatakan oleh Ariyandi lagi, kegiatan ini akan dilakukan di seluruh jalan Nasional yang ada di Sumbar.

“Sebenarnya hal ini sudah kita lakukan sebulan yang lalu di Kawasan Indarung yang merupakan jalur lintas Padang-Solok, dan ternyata mendapat respon yang positif dari Bpk. Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan sehingga saat ini kegiatan tsb diadakan secara nasional,”pungkas Ariyandi.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Jamaris menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat membantu bagi pengendara dalam berkendara yang baik dan sesuai aturan.

“Sarana prasarana di jalan ini adalah salah satu penentu dari pada keselamatan pengguna jalan, kita dukung bersama karena ini adalah tanggung jawab kita bersama,”ujar Jamaris.

Sementara itu Sekretaris Dishub provinsi Sumbar Alfiandri, menyampaikan dukungannya pada kegiatan tersebut yang sangat manusiawi dan sangat membantu bagi para pengguna jalan.

“Sebagaimana yang telah di sepakati dengan BPTD Sumbar, kegiatan ini akan di lanjutkan oleh Sumbar sendiri termasuk dengan jalan-jalan Provinsi yang akan di koordinir Dishub yang ada di Kabupaten Kota di Sumbar,” jelas Alfiandri. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional