Menu

BPN Sosialisasikan PTSL

  Dibaca : 82 kali
BPN Sosialisasikan PTSL
SAMBUTAN—Inspektur Hendra Aswara berikan sambutan dan apresiasi dan mendukung Program PTSL saat menghadiri penyuluhan PTSL di Nagari Sunur, Kec. Nan Sabaris.

PADANGPARIAMAN, METRO
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Padangpariaman Gatot Teja kemarin melaksanakan penyuluhan program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Gatot menjelaskan bahwa manfaat yang diperoleh dari program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di antaranya masyarakat memiliki bukti sah kepemilikan tanah, menghindari konflik/sengketa tanah, dan membuat aset masyarakat yang bisa dijadikan jaminan bank untuk modal usaha.

“Ada dua nagari menjadi pilot project PTSL Tahun ini yaitu Nagari Sunur dan Nagari Pakandangan,” kata Gatot Teja.

Dengan mendaftarkan tanah, tambahnya, maka yang masyarakat yang bersangkutan telah dinyatakan sah memiliki tanah tersebut. Dengan kepemilikan sertifikat tanah ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum aset tanah masyarakat dan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kita punya target 5000 peta bidang tanah dan 1.092 sertipikat. Jadi kami mohon dukungan seluruh masyarakat,” ujar Gatot.

Sementara Inspektur Hendra Aswara mengatakan Pemerintah Daerah apresiasi dan mendukung Program PTSL. Ia mengajak Camat dan Wali Nagari terus mensosialisasikannya sehingga tumbuh kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan program PTSL ini.

“Kami apresiasi Bapak Gatot dan jajaran, karna program ini gratis dari BPN Padangpariaman. Sementara untuk pengurusan pada kantor Wali Nagari dikenakan biaya 250rb sesuai SKB tiga menteri,” kata Hendra.

Program PTSL, tambah Hendra, merupakan program nasional yang digagas Presiden Joko Widodo dan dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta merupakan terobosan yang dilakukan pemerintah untuk kepengurusan sertifikat sehingga prosesnya menjadi cepat.

Penyuluhan PTSL juga dihadiri pejabat Kanwil BPN Sumbar, Kejari Pariaman, Perangkat Nagari , Unsur ninik mamak dan tokoh masyarakat setempat. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional