Menu

BPBD Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrem, Belasan Pohon Tumbang, 10 Rumah Rusak

  Dibaca : 435 kali
BPBD Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrem, Belasan Pohon Tumbang, 10 Rumah Rusak
POHON TUMBANG— Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang melanda Kota Padang, Rabu (31/3) sejak siang hingga sore, menyebabkan belasan pohon tumbang menimpa rumah di beberapa titik.

LIMAUMANIH, METRO
Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang melanda Kota Padang, Rabu (31/3) sejak siang hingga sore, menyebabkan belasan pohon tumbang menimpa rumah. Pohon tumbang juga menghambat akses jalan, dan menimpa kabel listrik.

Data yang dihimpun dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, ada sekitar 10 unit rumah warga rusak akibat pohon tumbang. Namun, tidak ditemukan laporan adanya korban jiwa dan korban luka-luka.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, sejak Rabu siang hingga sore hari ada 15 pohon tumbang dan satu peristiwa angin puting beliung yang disebabkan karena cuaca buruk.

15 pohon tumbang tersebut selain merusak 10 unit rumah warga, tapi juga mengganggu akses jalan dan merusak jaringan listrik di lokasi kejadian. Peristiwa pohon tumbang pertama terjadi pada pukul 12.30 WIB.

Pohon tumbang terjadi di 8 kecamatan, diantaranya Kecamatan Pauh. Dimana pohon tumbang terjadi di dekat kantor Lurah Limau Manis Selatan yang menimpa satu unit rumah dan RT 02 RW 02 Kapalo Koto yang juga menimpa satu unit rumah.

Di Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), pohon tumbang terjadi di RT 01 RW 02 Kelurahan Koto Lalang dimana pohon tumbang yang menimpa satu unit rumah. Kemudian, di Kecamatan Kuranji pohon tumbang terjadi di komplek Merah Putih RT 05 RW 06 Kelurahan Korong Gadang yang menimpa satu unit rumah.

“Lokasi lainnya di Kecamatan Kuranji terjadi di Lubuk Lintah yang menimpa satu unit rumah dan di perumahan Bukit Gading RT 06 RW 06 yang menghambat akses jalan,” jelas Sutan.

Sutan menambahkan, pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Bungtekab yakni, di RT 02 RW 01 Teluk Kabung Selatan yang menimpa rumah warga dan di Cindakir Gunung Kelurahan Teluk Kabung Utara yang juga menimpa rumah warga.

Sementara di Kecamatan Kototangah, pohon tumbang terjadi di 4 Kelurahan yakni di RT 04 RW 07 Simpang 4 Pasir Jambak, Bandar Bekali Linggar Jati RT 02 RW 02 dimana pohon tumbang menghambat akses jalan.

“Lalu pohon tumbang terjadi di Bypass KM 21 RT 02 RW 05 Kelurahan Batipuh Panjang yang menimpa rumah warga dan di Kandang Asam Kelurahan Padang Sarai,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pohon tumbang lainnya terjadi di Kecamatan Padang Selatan yaitu di RT 02 RW 04 Kelurahan Seberang Palinggam, RT 03 RW 15 Kelurahan Mata Air, RT 01 RW 13 Kelurahan Rawang yang masing-masing menimpa rumah warga.

Terakhir pohon tumbang terjadi di Kecamatan Padang Barat yakni di jalan Durian Kelurahan Ujung Gurun dimana pohon tumbang menimpa kabel listrik di sana. “Lalu untuk angin puting beliung yang merusak rumah warga terjadi di Cindakir Gunung Kelurahan Teluk Kabung Utara,” tutur Sutan.

Keseluruhan pohon tumbang tersebut sudah diatasi oleh petugas BPBD Kota Padang yang dibagi dalam beberapa tim untuk mengevakuasi dan membersihkan material pohon tumbang.

Sementara untuk kerugian materil yang diakibatkan oleh belasan pohon tumbang dan angin puting beliung, pihaknya masih melakukan pendataan dan penghitungan jumlah kerugian.

“Kita tetap minta warga selalu waspada. Cuaca ekstrem saat ini, tak bisa ditebak. Jika pagi cerah, tiba tiba siang sudah hujan lebat dan badai. Karena itu, warga harus selalu berhati-hati dan tetap siaga bencana,” pungkasnya.

Warga juga diminta untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang atau patah. Warga juga perlu waspadai tiang listrik yang korsleting dan roboh menimpa pohon.

“Di saat hujan lebat yang disertai angin kencang, warga harus waspada apabila memilih tempat untuk berlindung. Hindari pohon atau pun papan baliho yang setiap saat dapat berpotensi roboh,” imbaunya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional