Close

BPBD Kabupaten Pasaman Ajak Warga Waspada, Jauhi Kawasan Perbukitan di Empat Kecamatan

PASAMAN, METRO–Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman menghimbau masya­rakat agar tetap waspada dan menghindari tempat perbukitan yang rawan longsor di Empat Kecamatan pada saat penghujan datang di daerah itu.

“Tempat perbukitan di empat kecamatan yang rawan longsor itu yakni Lurah Baragin di Keca­matan Bonjol, Duo Koto, Mapa­tunggul dan Mapatunggul Sela­tan,” kata Kepala BPBD Kabu­paten Pasaman, Ricky.

Ia menjelaskan alhamdulillah saat ini kondisi bencana alam terkait longsor, banjir dan lainnya belum ada, mudah-mudahan hendaknya tidak ada bencana alam di Kabupaten Pasaman.

Mengingat cuaca yang tidak menentu pihaknya berharap ke­pada masyarakat agar tetap waspada, menghindari tempat rawan longsor, kemudian mem­perhatikan kondisi arus sungai.

“Arus sungai bisa dilihat de­ngan tanda-tanda alam seperti warna air yang mulai keruh, debit air mulai tinggi disertai dengan dedaunan dan reranting per­pohonan mengalir di sungai yang hal tersebut berpotensi terja­dinya banjir bandang,” kata dia.

Di samping itu ia juga meng­himbau kepada warga di dae­rah itu agar tidak membuang sam­pah sem­barangan teru­tama ke su­ngai dan parit yang meng­aki­batkan terjadinya ban­jir. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top