Close

BPA Ingin jadi Kelurahan Pertanian Perkotaan

PERTANIAN KOTA--Pokja Kelurahan Sehat dukung Kelurahan Benteng Pasar Atas ingin memjadi kelurahan pertanian perkotaan.

BUKITTINGGI, METRO–Beberapa inovasi telah mulai dirancang Kelurahan Benteng Pasar Atas (BPA) bersama kelompok kerja (Pokja) Kelurahan Sehat Kelurahan BPA. Hal te­rsebut, disampaikan da­lam pembinaan kota se­hat, di Kelurahan BPA, Rabu (17/11). Lurah Benteng Pasar Atas, Hendra Antony Hatta menjelaskan, ada be­be­rapa inovasi yang di­sia­pkan pihak kelurahan be­rsama masyarakat. Di an­taranya, penambahan ga­ng sehat yang baru dan juga ke­giatan budi daya ikan da­lam ember.

“Gang sehat seb­el­um­nya sudah ada kita buat di Janjang Pasanggrahan. Se­lanjutnya menurut re­ncana, kita akan tambah gang sehat kita di Kampung Jawa Dalam. Ini akan kita bica­rakan dulu dengan m­a­s­yarakat,” ungkap He­ndra.

Kata Hendra, inovasi se­l­anjutnya budidaya ikan dalam ember. Dimana, ke­giatan ini sudah berjalan tahun 2021 ini, dibantu de­ngan dana CSR BNI. “Jadi sejumlah masyarakat di­bantu dengan bibit ikan dan dibina bagaimana me­m­budidayakan ikan itu di te­ngah masyarakat. Ikan yang dihasilkan, bisa jadi konsumsi sendiri dan bisa juga jadi salah satu pe­ningkatan ekonomi ma­syarakat,” tambah He­ndra didampingi Ketua TP PKK Kelurahan BPA, Ny Meiza Syabrina Hendra.

Selain itu, pihak ke­lurahan Benteng Pasar A­ta­s ingin menjadi Kel­u­rahan Pertanian Per­ko­taan. Di mana, ada be­berapa spot yang ko­song dan ge­rsang, di­tanami dengan tum­buh­an yang asri ber­man­faat bagi ma­­sy­arakat. “Kita juga sudah surati seluruh hotel, cafe, untuk menanam kopi, sao dan jeruk. Jadi ada tiga ung­gulan tana­man itu tidak ribet, namun asri, hijau dan memang bermanfaat juga bagi war­ga. Ini yang akan kita upayakan dan minta du­kungan bersama,” ujar Hendra.

Sekretaris FKS Bu­kit­tinggi F Ar Razy me­ng­apresiasi gerak cepat dari kelurahan Benteng Pasar Atas, yang telah me­mi­kirkan beberapa ino­vasi kemasyarakatan. Apa ya­ng direncanakan ter­se­but, m­enjadi salah satu ke­giatan yang ber­dampak positif untuk masyarakat.

“Ini sangat luar biasa, bagaimana pihak kel­ura­han BPA bersama pokja sehat-nya, sudah mulai memikirkan inovasi dan inisiatif yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Sehingga kami nantinya di FKS akan du­kung penuh dan jika ada persoalan nantinya, akan kita upaykan solusinya be­rsama tim pembina,” jelas Ari.

Kabid Kesmas dan P2P Diskes Bukkittinggi Eka Budi Satria mengapresiasi, u­paya upaya yang telah dilakukan kelurahan Ben­teng Pasar Atas. Beb­erapa persoalan yang selama ini menjadi masalah di tengah masyarakat bisa dis­ele­saikan. “Kita sama me­ngetahui, ada per­so­alan sampah dan lim­bahnya di Janjang Pas­anggarahan, tapi sudah diselesaikan dan saat ini lokasi itu su­dah bersih. Niat untuk jadi kel­urahan pertanian dan per­kotaan pun akan kita du­kung bersama,” kat­anya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top