Menu

BP2MI Percepat Vaksinasi PMI yang akan Keluar Negeri

  Dibaca : 128 kali
BP2MI Percepat Vaksinasi PMI yang akan Keluar Negeri
KETERANGAN PERS— Kepala UPT BP2MI Padang Joko Purwanto (tengah) saat memberikan keterangan pers tentang pelaksanaan vaksinasi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Kamis (1/7).

RASUNA SAID, METRO–Mendukung program pe­merintah dalam percepatan penanganan dampak pandemi covid-19 dan percepatan vak­sinasi bagi masyarakat khu­susnya Pekerja Migran Indonesia (PMI), Badan Perlin­dungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) akan melak­sanakan vaksinasi bagi PMI yang akan  diberangkatkan ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Joko Purwanto selaku kepala unit pelayanan teknis (UPT) BP2MI Padang dalam jumpa pers yang dilaksanakan dikantor UPT BP2MI Padang jalan H. Rasuna Said, Kamis (1/7).

“Untuk melakukan hal tersebut, BP2MI dengan 23 UPT di seluruh Indonesia telah melakukan pende­katan dan koordinasi ter­kait pelaksanaan tersebut dengan Kementrin kese­hatan yang langsung me­res­pon positif hal ter­se­but,” ujar Joko.

Dikatakannya, untuk Sumbar, sebanyak 152 orang baik yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) maupun PMI akan dila­kukan vaksinasi sebelum mereka diberangkatkan yang menurut rencana berangkat pada Agustus mendatang.

“Dari 152 orang terse­but dengan rincian 140 PMI yang akan berangkat ke Malaysia dan 12 orang ke Jepang untuk menjadi pe­ra­wat disana,” sebutnya.

Sehubungan dengan program vaksinasi PMI dalam rangka penempatan di masa adaptasi baru dan sebagai upaya BP2MI hadir dan untuk menunjukkan kepada negara penem­patan, bahwa BP2MI serius dalam menangahi dampak pandemi covid-19 khusus­nya bagi PMI. Maka BP2MI telah melakukan berbagai upaya.

Diantaranya, BP2MI telah mengirim ke Kemen­terian Kesehatan melalui surat No. B.388/KA/V/2021 tanggal 10 Mei 2021 tentang permohonan Vaksinasi un­tuk CPMI dan ASN di ling­kungan UPT BP2MI, yang kemudian Kementerian Kesehatan melalui surat Nomor : SR.02.06/11/1405/2021 tanggal 2 Juni 2021 telah menyetujui permin­taan BP2MI untuk melaku­kan vaksinasi bagi CPMI dan ASN di lingkungan UPT BP2MI.

Kemudian, pada 9 Juni 2021, BP2MI mengadakan rapat koordinasi secara virtusi dengan Kemen­te­rian Kesehatan dan Ke­men­terian Ketenaga­ker­jaan perihal pelaksanaan vaksinasi untuk CPMI di daerah.

Pada 14 Juni 2021, BP2MI mengirimkan surat No : 8.38/KWS1/V1/2021 perihal vaksinasi Covid-19 ke se­luruh UPT. BP2MI telah menyiapkan data PMI G to G Korea dan Jepang dan membuat alur proses vaksi­nasi PMI di daerah untuk dikoordina­si­kan oleh UPT BP2MI de­ngan Dinas Ke­sehatan da­erah.

“Hasil koordinasi UPT BP2MI dengan Dinas Kese­hatan daerah setempat adalah sebagai berikut, Dinas Kesehatan daerah menyambut positif ren­cana vaksinasi untuk PMI, Dinas Kesehatan daerah menyarankan agar vaksi­nasi PMI diikutsertakan dengan pelaksanaan vaksi­nasi umum masyarakat yang jadwal dan waktunya ditetapkan oleh dinas Kese­hatan setempat serta be­be­rapa Dinas Kesehatan da­erah menyatakan me­reka tidak memiliki keter­sediaan vaksin yang cukup sehingga jadwal vaksinasi menunggu ketersediaan vaksin,” ungkapnya.

Untuk melakukan hal tersebut, BP2MI telah me­la­kukan beberapa lang­kah diantaranya yaitu, ber­koor­dinasi secara intensif de­ngan Kementerian Kese­hatan terkait pelaksaan Vaksinasi, Sosialisasi dan penyebarluasan informasi secara masif oleh UPT ke­pada CPMI / PMI di wila­yah masing-masing melal­ui media sosial dalam ben­tuk video pendek, player dan info grafis, spanduk. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional