Menu

Boleh Berjualan, tapi Jangan di Fasum

  Dibaca : 180 kali
Boleh Berjualan, tapi Jangan di Fasum
PENERTIBAN— Petugas Satpol PP menegur dan menertibkan PKL yang masih berjualan di atas fasum, di kawasan jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (2/3).

TAN MALAKA, METRO
Meski sudah sering ditertibkan dan diberi peringatan, namun masih banyak ditemukan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan tapi melanggar aturan. PKL berjualan di fasilitas umum (fasum). Akibatnya mereka harus digusur oleh Satpol PP karena dianggap mengganggu kenyamanan masyarakat.

Selasa (2/3), petugas Satpol PP Kota Padang kembali melakukan patroli rutin menertibkan PKL yang berjualan menggunakan fasum di seputaran kawasan Kota Padang. Petugas menyisiri PKL yang berjualan di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan, Juanda.

Dalam patroli itu, petugas mengimbau pedagang agar  tidak berjualan di atas fasum, yakni trotoar dan badan jalan. Hal itu sangat mengganggu keindahan kota dan hak warga lainnya terenggut.

“Kami tidak pernah melarang mereka berjualan, karena ini untuk kebutuhan hidupnya. Tetapi kami hanya minta untuk tidak menggunakan fasilitas umum, dan mungkin bisa berjalan di tempat yang disediakan. Berjualanlah di lokasi yang tak mengganggu kenyamanan kota dan tempat pejalan kaki,” ujar Kasat Pol PP Kota Padang, Alfiadi.

Dijelaskan, membuka lapak di atas fasum melanggar Perda No 11 Tahun 2005 yakni tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Sanksinya tipiring. Karena itu warga diminta taati aturan.

“Jangan warga susah diatur dan mau untungnya saja,” tukasnya.

Ketika dilakukan penertiban kemarin, tak ada perlawanan dari pedagang. Petugas juga tidak ada membawa barang dagangan pedagang ke Mako Satpol PP. “Petugas Satpol PP akan terus gelar pengawasan di lapangan pada semua titik,” pungkasnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional