Menu

Bocah 13 Tahun Dianiaya 2 Oknum TNI, PBHI Minta Peradilan Umum

  Dibaca : 52 kali
Bocah 13 Tahun Dianiaya 2 Oknum TNI, PBHI Minta Peradilan Umum
PERIKSA—Anggota Kesdam IX Udayana memeriksa kesehatan Petrus yang kondisinya sudah mulai membaik setelah dianiaya oleh oknum TNI di Rote Ndao.

JAKARTA, METRO–Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) angkat bicara soal dua oknum TNI yang diduga melakukan penga­nia­yaan terhadap anak usia 13 tahun di Nusa Teng­gara Timur (NTT).

PBHI mendesak Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk me­mas­tikan pemeriksaan dua ok­num TNI tersebut melalui peradilan umum. “Kapolri dan Kapolda NTT diminta untuk memastikan pe­me­rik­saan secara pidana di peradilan umum yang tran­sparan dan akuntabel,” kata Ketua PBHI Totok Yuli­yanto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (25/8).

Selain itu, PBHI juga mendesak Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjah­janto mengevaluasi Ko­man­dan Koramil 1627/03 Bata­tua dan Komandan Ko­dim 1627 Rote Ndao ser­ta memastikan mempida­na­kan dan menonaktifkan kedua pelaku.

Tidak hanya itu, Lem­baga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) serta Kementerian Pem­ber­da­yaan Perempuan dan Per­lindungan Anak juga harus memberikan perlindungan serta pemulihan kepada korban.

 “Baik itu fisik maupun psikologis korban dan men­jamin keselamatannya se­lama pemeriksaan terha­dap pelaku,” ujar To­tok.

PBHI juga mendesak Presiden Joko Widodo dan DPR RI untuk membentuk kebijakan setingkat un­dang-undang tentang anti­penyik­saan serta merati­fikasi Protokol Opsional Konvensi Menentang Pe­nyik­saan (OPCAT). “Ter­masuk pula merevisi Un­dang-Undang Peradilan Militer Nomor 31 Tahun 1997 sebagai bagian dari reformasi militer di Tanah Air,” ujarnya.

Sebelumnya diwarta­kan, dua orang oknum TNI, Ser­ma MSB dan Serka AODK, yang bertugas di wilayah Kodim 1627 Rote Ndao, NTT diduga mela­kukan penyiksaan terha­dap PS anak berusia 13 tahun.(jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional