Close

Bobol Rumah Warga di Sijunjung, Pemuda Residivis Dihadiahi Timah, Embat Motor, Hp hingga Perhiasan Emas

RESIDIVIS DITEMBAK—Pelaku Edo (24) yang terlibat kasus pencurian rumah dihadiahi timah panas saat ditangkap jajaran Satreskrim Polres Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO–Mendekam di penjara seakan tidak memberi efek jera bagi Edo (24) pelaku pencurian dengan pemberatan di Nagari Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus, Sijunjung. Meski baru saja bebas dari penjara, pemuda itu kini malah berulah lagi hingga akhirnya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh Polisi.

Pelaku yang merupakan warga Jorong Taruko, Nagari Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus itu baru saja keluar dari Lapas Ke­las IIB Muaro Sijunjung akibat kasus yang kini diulanginya.

Penangkapan pelaku berdasarkan laporan polisi Nomor: LP/B/03/I/2023/SPKT/SEK.SP. KUDUS/Polres Sijunjung/Polda Sumbar pada tanggal 20 Januari 2023. Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Sijunjung yang dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Abdul Kadir Jaelani langsung bergerak menyusuri informasi dan mencari pelaku.

Dari laporan kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di Nagari Manganti tersebut, pelaku berhasil menyatroni sejumlah barang berharga berupa satu unit sepeda motor Honda Beat, satu unit Hp Oppo A57, dan perhiasan gelang seberat berat lima emas.

“Kita berhasil me­ngum­­pulkan data serta mendapatkan hasil rekaman CCTV, hingga akhirnya identitas pelaku pun diketahui. Dari hasil yang kita dapatkan, ternyata pelaku merupakan seorang residivis. Bahkan pernah dipenjara akibat kasus serupa,” tutur Kasat AKP Abdul Kadir Jaelani melalui Kasubag Humas, AKP Nasrul Nurdin, (23/1).

Setelah mengantongi identitas pelaku, tim Opsnal Polres Sijunjung melalukan pengintaian terhadap pelaku. “Kita mendapat informasi bahwa pelaku menjual Hp curian di salah satu konter yang ada di Muaro Sijunjung. Barang tersebut merupakan hasil kejahatan yang terjadi di Nagari Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus,” jelasnya.

Polisi pun langsung me­lakukan pengejaran terhadap pelaku dengan cara mencegat saat di jalan. “Kita melakukan pengha­dangan di jalan saat pelaku berada di daerah Tanjung Ampalu, Kecamatan Koto VII. Namun saat diberhentikan pelaku berusaha me­larikan diri, sehingga tindakan tegas terukur diberikan untuk melumpuhkan pelaku,” terangnya.

Dari interogasi yang dilakukan oleh petugas, dikataka  AKP Nasrul, pelaku Edo mengakui telah me­lakukan perbuatan pencurian dengan pemberatan, dengan cara membongkar sebuah rumah warga yang terjadi di Nagari Manganti. Sedangkan satu unit sepeda motor Honda Beat dengan Nopol BA 6553 KE ma­sih dilakukan pencarian.

“Dari keterangan pelaku Sepeda Motor tersebut telah diserahkan untuk dijualkan oleh temannya yang berada di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. Temannya tersebut sama-sama baru keluar dari Lapas Klas IIB Muaro Sijunjung,” ungkap Kasat Reskrim.

Terhadap satu buah gelang emas berat lima emas, menurut AKP Nasrul masih dilakukan penggalian informasi tentang keberadaan barang bukti tersebut kepada pelaku. “Kini pelaku telah diamankan di Mapolres Sijunjung untuk proses hukum lebih lanjut. Kita masih melakukan pengembangan kasus ini, terkait keberadaan barang bukti dan dugaan pelaku lainnya masih kita dalami,” tambahnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top