Menu

Boarding School Tahfiz Quran bakal Dibangun di Nagari Sungai Batang, Camat Tanjung Raya Bersama Tokoh Masyarakat Tinjau Lokasi

  Dibaca : 537 kali
Boarding School Tahfiz Quran bakal Dibangun di Nagari Sungai Batang, Camat Tanjung Raya Bersama Tokoh Masyarakat Tinjau Lokasi
TINJAU lokasi—Camat Tanjung Raya Handria Asmi meninjau lokasi rencana pembangunan Boarding School Tahfiz Quran di Sungai Batang.

AGAM, METRO–Camat Tanjung Raya Handria Asmi bersama sejumlah unsur terkait meninjau langsung lokasi rencana pembangunan Boarding School Tahfidz Quran di Jorong Nagari, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, kemarin. Kunjungan tersebut turut didampingi Wali Nagari, niniak mamak dan tokoh masyarakat setempat.

Rencana pembangunan Boar­ding School Tahfidz Quran itu diinisiasi para perantau yang terhimpun dalam Yayasan Maninjau Care Foundation (MCF). Menurut Handria, pihaknya sangat mendukung penuh dengan rencana perantau dalam mensukseskan program pendidikan, sosial dan kemanusiaan. Karena melalui pembangunan itu tentu nantinya akan membawa kebaikan dan perubahan ter­sen­diri bagi Nagari Sungai Batang.

“Kami atas nama dari kecamatan menyambut baik akan rencana pembangunan Boarding School tersebut. Kami juga menilai bahwa semangat pembaharuan dan perubahan antara ranah kampung halaman dengan rantau sudah mulai meningkat,” kata Handria.

Ia juga mengaku, bahwa dengan semangat itu nantinya akan mendorong generasi beri­kutnya untuk lebih baik lagi. Disamping itu para orang tua, niniak mamak, tokoh masyarakat, bersama pemilik lahan juga mendukung untuk mensukseskan program tersebut. “Tentu kami dari pemerintahan akan memudahkan pembangunannya terutama dalam memfasilitasi perizinan dan proses administrasi lainnya,” ujar Handria.

Kemudian, termasuk juga memasukkan anggaran pembangunan akses jalan menuju lokasi Boarding School Tahfidz Quran tersebut.  Pimpinan Yayasan Maninjau Care Foundation (MCF) Muhammad Teguh Suardi menyebutkan, selain pembangunan Boarding School Tahfiz Quran, nantinya juga akan dibangun rumah singgah untuk keluarga kurang mampu.

Teguh menyebut, perenca­naan pembangunan itu juga didukung oleh masyarakat yang menyediakan lahan. “Artinya ini menunjukkan keseriusan pembangunan Boarding School itu sudah mulai terlihat. Karena kita merencanakan pembangunan ini dengan tujuan meningkatkan pendidikan generasi Islami dan Qurani, meningkatkan kesejahte­raannya, serta semangat sosial bergotong royong,” jelas Teguh.

Diketahui, lokasi rencana pembangunan Boarding School itu terletak di Kampung Tinggal Benteng, Jorong Nagari, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya. Kawasan tersebut merupakan salah satu perkampungan dan pemukiman tertua setelah Panji Kubu Gadang di Nagari Maninjau.

Di sekitar lokasi pembangunan juga terdapat Makam Syeikh Muhammad Amrullah (Syekh Tuanku Kisai), atau kakek kandung Buya Hamka. Dimana beliau adalah salah satu ulama ternama yang menyiarkan Islam menggantikan Tuanku Nan Tuo yang berada di Koto Tuo, Kecamatan Ampek Angkek. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional