Menu

BMKG Prediksi Terjadi Pergeseran Tanah Pemicu Longsor di Kota Padang, Warga di Perbukitan Diminta Waspada

  Dibaca : 98 kali
BMKG Prediksi Terjadi Pergeseran Tanah Pemicu Longsor di Kota Padang, Warga di Perbukitan Diminta Waspada
Barlius Kalaksa (BPBD) Kota Padang.

BYPASS, METRO–Kalaksa Badan Pengen­dalian Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Bar­lius mewarning semua ma­syarakat yang tinggal di lereng pebukitan atau di kaki-kaki bukit, terutama di bulan Agustus ini. Pasal­nya, menurut prediksi BMKG, ada pergeseran ta­nah yang akan terjadi pada bulan ini sehingga bisa memicu bencana longsor.

“Prediksi BMKG, di bu­lan ini terjadi pergeseran tanah. Jika di­ser­tai dengan hujan lebat, fenomena alam ini ber­po­tensi me­micu long­sor,” kata Ba­rlius menjelaskan.

Saat ini, te­rang dia, hampir tiap hari terjadi hujan berintisitas sedang hingga le­bat. Terutama pa­da siang dan sore hari. Fenomena ini akan terjadi sampai akhir tahun 2021. Bila hujan lebat disertai de­ngan terjadinya per­geseran ta­nah, maka su­dah da­pat dipastikan po­tensi longsor cukup besar.

Ia berharap, ma­sya­rakat yang tinggal di per­bu­kitan atau di le­reng-le­reng agar selalu was­pada ter­hadap fenomena itu. Jika me­lihat ada gelagat perge­seran tanah, segera me­nye­lamatkan diri. Ja­ngan tung­­gu sampai terjadi musi­bah.

“Kita ingatkan lagi pada semua masyarakat yang berada di lokasi rawan. Agar selalu waspada. Ka­rena saat ini cuaca eks­trem,” tandasnya.

Seperti yang kita ke­tahui, saat ini banyak sekali titik-titik rawan longsor di Kota Padang. Seperti Bukit Gado-Gado, Bukit Turki, Gates dan titik lainnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional