Close

BMKG Padangpariaman Berikan Bantuan Bencana Alam

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Pusat memberikan bantuan peralatan kepada Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dan melaksanakan beberapa kegiatan mitigasi bencana dalam mendukung program pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi ancaman resiko bencana gempa bumi dan tsunami.

PDG.PARIAMAN, METRO–Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Pusat memberikan bantuan peralatan kepada Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dan me­laksanakan beberapa kegiatan mitigasi bencana dalam mendukung program pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi ancaman resiko bencana gempa bumi dan tsunami.  Dirjen Inskalrekkarkom BMKG didampingi Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wi­layah I Medan, Kepala Stasiun Geofisika Padangpanjang (Koordinator BMKG Sumbar), Kepala Stasiun Klimatologi Padangpariaman, Kepala Stasiun Meteorologi Mingkabau, dan Kepala Stasiun Maritim Teluk Bayur.

Sekretaris Daerah Ka­bupaten Padangpariaman Rudy Repenaldi Rilis di­dampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pa­dang­pariaman Budi Mulya  menyambut baik bantuan peralatan dari BMKG RI kepada Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dan melaksanakan bebe­rapa Kegiatan mitigasi bencana dalam mendukung program pencegahan dan kesiapsiagaan.

Adapaun beberapa jenis peralatan yang diserahkan BMKG kepada Pemerintah Kabupaten Pa­dangpariaman adalah Pe­ralatan Warning Receiver System (WRS) New Gene­ration InaTews, dimana alat ini merupakan peralatan yang memberikan informasi secara real time kejadian gempa bumi dan juga memberikan informasi peringatan dini terjadi­nya tsunami dimana pera­latan ini sudah beroperasi di Kantor BPBD Padangpariaman.

Sedangkan jenis bantuan kegiatan yang dilaksa­nakan oleh BMKG adalah Kegiatan Comisioning Test Peralatan WRS New G Ina­Tews yang telah dilaksa­nakan di Kantor BPBD Pa­dangpariaman, kegiatan Sekolah Lapangan Geofisika (SLG) bagi 14 Nagari Pesisir Panta dan kegiatan BMKG Go To School untuk kegiatan simulasi di lokasi sekolah Pesisir Pantai.  Rang­kaian kegiatan yang dilaksanakan BMKG ini merupakan bukti kepe­du­lian dan kerjasama BMKG dengan BPBD Padangpa­riaman dalam menciptakan kesiapsiagaan dan pen­cegahan dalam menghadapi ancaman resiko gempa bumi dan tsunami bagi masyarakat.

Deputi Inskalrekjarkom pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Kabupaten Padangpariaman menjadi daerah prio­ritas bagi BMKG dalam me­laksanakan sosialisasi dan simulasi dalam menga­hadapi potensi resiko bencana gempa bumi dan tsunami, karena ancaman dari Mentawai Megathrust ma­sih mengancam setiap sa­at. Diharapkan Kabupaten Padang Pariaman bisa men­jadi percontohan bagi daerah lain dalam menciptakan kesiapsiagaan.

Sekrataris Daerah Rudy Repenaldi Rilis  menyampaikan ucapan terima kasih ke pihak BMKG yang telah membantu Pemerintah Da­erah Padangpariaman dalam menghadapi potensi ancaman gempa bumi dan tsunami. Kedepannya diharapkan BMKG tetap memberikan bantuan dan dukungan dalam kegiatan mitigasi bencana.

Sementara Kepala Pe­laksana BPBD Padangpa­riaman Budi Mulya mengatakan dengan adanya bantuan dan kerjasama de­ngan BMKG ini tentunya ini sangat membantu  Kabupaten Padangpariaman dalam melaksanakan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami. “Semoga semua kegiatan ini bisa me­ningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana,” ujar Budi.

Pada acara tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis dari Deputi Inskalrekjarkom BMKG kepada Sekretaris Daerah Padangpariaman dan dilanjutkan penyerahan ke Kalaksa BPBD Padangpariaman berupa peralatan WRS InaTews, Peta Rawan Tsunami Padangpariaman, Tas Siaga Gempa Bumi Tsunami dan juga pertukaran cendra mata.

Turut Hadir acara pembukaan tersebut adalah Asisten, Staf Ahli, seluruh kepala Badan/Dinas/Kantor, Inspektur, seluruh Kabag Setda, dan anggota FPRB Kabupaten Padang­pariaman.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top