Close

BKN Temukan 6 Bukti Sistem Seleksi CASN 2021 Dicurangi

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeklaim menemukan bukti-bukti yang menunjukkan terjadinya dugaan kecurangan dalam seleksi CASN 2021 di titik lokasi (tilok) mandiri instansi pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

JAKARTA, METRO–Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeklaim menemukan bukti-bukti yang menunjukkan terjadinya dugaan kecurangan dalam seleksi CASN 2021 di titik lokasi (tilok) mandiri instansi pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

 “Kami sangat menyesalkan adanya indikasi kecurangan di tilok mandiri Pemkab Buol,” kata Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama di Jakarta, Senin (25/10).

Menindaklanjuti hal itu, BKN berkolaborasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta didukung penuh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pengadaan CASN 2021, melakukan penyelidikan atas dugaan tersebut.

Dari hasil penyelidikan tersebut, BKN bersama BSSN menemukan adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan SKD CASN di tilok mandiri instansi Pemkab Buol yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab yang ingin merusak sistem seleksi CASN nasional dengan modus remote access. Dari hasil penyelidikan didapatkan bukti pendukung indikasi kecurangan sebagai beri­kut: 1. Pengaduan masyara­kat atas dugaan kecurangan.

2.Hasil audit trail aplikasi CAT BKN terhadap aktivitas peserta seleksi selama pelaksanaan seleksi;

  1. Laporan kegiatan forensik digital pada perangkat yang digunakan; 4. Laporan penyelidikan internal oleh Instansi Pemerintah Kabupaten Buol. 5. Hasil pemeriksaan terhadap petugas pelaksanaan seleksi baik dari BKN maupun Instansi Pemerintah Kabupaten Buol; 6. Rekaman Kamera Pengawas (CCTV).

Dalam pelaksanaan seleksi CASN, BKN dan Panselnas telah melakukan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi bersama BPPT untuk melakukan audit teknologi pada sistem seleksi calon ASN 2021 (SSCASN dan CAT BKN) sejak 28 Mei 2021 dengan dasar Surat Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Nomor 4760/B-SI.02.01/SD/E/2021 dengan ruang lingkup: 1. Tata kelola dan infrastruktur pendukung SSCASN; 2. Fungsionalitas sistem aplikasi pendaftaran SSCASN dan CAT BKN. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top