Menu

BKKBN Gelar Sosialisasi KIE dan Bangga Kencana, Bangun Keluarga Berkulaitas di Tengah Pendemi Covid-19

  Dibaca : 141 kali
BKKBN Gelar Sosialisasi KIE dan Bangga Kencana, Bangun Keluarga Berkulaitas di Tengah Pendemi Covid-19
SOSIALISASI—BKKBN Sumbar menghadirkan anggota DPR RI Suir Syam saat Sosialisasi dan Advokasi KIE Bangga Kencana di Kantor BEA dan Cukai Teluk Bayur, Kota Padang.

PADANG, METRO
BKKBN Sumbar gelar Sosialisasi, Advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) bersama mitra kerja pada masa pandemi Covid-19 di Kantor BEA dan Cukai Teluk Bayur Padang, Rabu (4/11). Kegiatan ini dihadiri anggota Komisi IX DPR RI dr Suir Syam dan Kepala BEA dan Cukai Teluk Bayur Padang Drs Himan Satria SH.

“BKKBN memiliki kewajiban untuk membantu memberikan informasi yang valid terkait Covid-19 dan pelayanan keluarga berencana kepada masyarakat melalui pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi, Advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Bersama Mitra Kerja pada masa Pandemi Covid-19) tetap berjalan dengan memperhatikan Prokes,“ ujar Kepala BKKBN Sumbar Etna Estelita, kemarin.

Dikatakan Etna, dalam melaksanakan kegiatan tersebut, BKKBN tidak bisa bekerja sendiri, tetapi harus berkolaborasi dan bekerja sama dengan mitra kerja, para pemangku kebijakan tingkat pusat, pemangku kebijakan tingkat provinsi dan pemangku kebijakan tingkat kabupaten dan kota. Peran mitra kerja di setiap tingkatan sangat besar dalam mensukseskan Program Bangga Kencana pada masa pandemi Covid-19.

“Bersama DPR RI Komisi IX sebagai mitra kerja strategis, kita bersama-sama membantu masyarakat untuk menciptakan keluarga berkualitas walaupun di dalam pandemi Covid-19,” ujar Etna.

Katanya, sosialisasi ini dengan tujuan meningkatkan komitmen pemangku kepentingan dan penentu kebijakan serta pengetahuan, sikap dan perilaku PUS, WUS, remaja dan keluarga tentang Program Bangga Kencana melalui integrasi edukasi, untuk menjamin masyarakat tetap mendapatkan pelayanan KB pada masa tanggap darurat Covid. Sehingga dapat mengindari terjadinya dropout (putus pakai) kontrasepsi, serta masyarakat juga mendapatkan pengetahuan tentang Covid-19.

Kepala DPP PA PP KB Kota Padang Endrizal mengatakan, untuk mewujudkan keluarga sehat  sejahtera dan awet muda. “Semua itu dengan mewujudkan impian menanam seribu pepaya di Kota Padang, karena dengan memakan pepaya akan membuat kita sehat dan awet muda,“ ujar Endrizal.

Ditambakan Endrizal, perlu program gizi di sekolah dan di keluarga. Hal itu untuk mencetak generasi yang sehat dan cerdas di kemudian hari. Selain iri perlu didirikan Kampuang KB di setiap kecamatan di Kota Padang.

Anggota Komisi IX DPR RI dr Syuir Syam mengatakan, tujuan didirikan pembangunan Kampung KB itu tidak saja hanya sekadar membangun keluarga yang sehat dan sejahtera. Akan tetapi bagaimana Kampuang KB menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman, bersih yang didukung pembangunan fisik sarana dan prasarana yang maksimal. ”Sehingga terwujud pembangunan sarana dan prasarana fisik dan non fisik atau sumberdaya manasusia (SDM) di Kampuang KB tersebut,” ujar Syuir Syam.

Seperti, sekolahnya bersoh, lingkungan bersih, pendidikannya bagus, rasa kegontong royongan juga luar biasa. Juga ada didukung sarana wisata level kecamatan yang memadai. Maka pemerintah kabupaten dan kota melengkapi semua sarana dan prasarana fisiknya. (boy)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional