Close

BIN Sumbar Gencarkan Vaksinasi Covid-19 ke Pelajar, Santri dan Warga

VAKSINASI MASSAL— Kepala BINDA Sumbar Hendra bersama Sekretaris Kota Padang Arfian saat meninjau pelaksanaan vaksininasi massal di MAN Padang, serta mendatangi rumah warga yang kurang mampu di kawasan Alai Parak Kopi.

GUNUNG PANGILUN, METRO–Badan Intelijen Negara (BIN) melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, mahasiswa, santri dan masyarakat di Kota Padang, Sumbar,Kamis (14/10). Gencarnya BIN melakukan vaksinasi di Sumbar atas perintah dan arahan Presiden kepada Kepala BIN, Jenderal Pol (P) Budi Gunawan untuk mempercepat “herd immunity” atau kekebalan kelompok.

Kegiatan vaksinasi massal saat ini dipusatkan di MAN 2 Padang yang diikuti 3.500 pelajar dan santri. Mereka tersebar di sembilan sekolah, di antaranya MTs Thawalib, MAN 2, SMK 2, SMK 3, SMP 35, SMP 38, SMK 6, SMP 16 dan SMP 32 Padang. Selain itu juga dilakukan vaksinasi secara door to door ke rumah-rumah warga.

Kepala BIN Daerah Sumbar, Hendra, meminta kepada jajaran semua stakeholder untuk bersama-sama menyelesaikan masalah pandemi. Seluruh elemen mesti bersatu, agar vaksinasi dapat dicapai.

Bahkan, kata Hendra, pihaknya telah menargetkan dalam program vaksinasi massal dalam satu minggu menghabiskan 11.000 dosis. Kegiatan vaksinasi menyasar pelajar, mahasiswa dan masyarakat di seluruh wilayah Sumbar.

”Permasalahan pandemi ini harus diselesaikan, maka itu kami harapkan kepada seluruh masyarakat, tokoh adat, ninik mamak, bundo kanduang serta forkopimda agar dapat menyukseskan kegiatan vaksinasi di Sumbar,” ujarnya.

Hendra berharap dengan gencarnya program vaksinasi dapat mengejar target capaian pada angka di atas 50 persen. “Ini kami kejar, kami all out, kami habis-habisan untuk mencapai target tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, selama ini masyarakat masih termakan berita bohong tentang vaksin. Maka itu diimbau kepada masyarakat agar dapat bijak dan tidak terprovokasi berita bohong.

”Jangan terpengaruh berita hoaks, mari melaksanakan vaksinasi. Jangan sampai datang gelombang ketiga (covid-19) di Indonesia, khususnya di Kota Padang. Semoga level PPKM di daerah Sumbar semakin turun. Ke depan Binda Sumbar akan terus menggencarkan vaksinasi menyasar ke Kabupaten Kota lainnya di Sumbar. Hingga saat ini daerah yang telah disasar antara lain Kab. Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Dharmasraya, Kota Padang dan lainnnya,” katanya.

Kegiatan vaksinasi yang dipusatkan di MAN 2 Padang bagi pelajar ini dilakukan lantaran capaian vaksinasi di sekolah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang masih rendah.

Rendahnya capaian vaksinasi bagi pelajar di sekolah naungan Kemenag ini dibenarkan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Arfian. Maka itu, upaya BIN dalam program vaksinasi massal pelajar dan santri yang dilakukan ini sangat berdampak positif.

”Untuk angka pastinya kami tidak dapat, tapi sesuai laporan angka vaksinasi pelajar di sekolah-sekolah di bawah Kemenag masih rendah. Makanya hari ini kami dorong mereka (pelajar dan santri) untuk dapat melaksanakan vaksinasi. Salah satunya yang dilakukan BIN Daerah Sumbar,” kata Arfian.

Arfian menyebutkan, indikator rendahnya vaksinasi pelajar di sekolah naungan Kemenag Padang diduga karena masih terpengaruh berita bohong. “Karena pemahaman dan termakan berita hoaks di media sosial. Tapi, Insyaallah, hari ini mereka cukup ramai ikut vaksin, semoga capaian vaksinasi dapat digenjot lagi,” ujarnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top