Close

Bimtek Diharapkan Dorong Masyarakat Bentuk Umega

PENINGKATAN—Bupati Agam Andri Warman membuka Bimtek peningkatan ekonomi perempuan yang dilaksanakan DP3AP2KB Sumbar.

AGAM,METRO–Bupati Agam Andri Warman membuka binbingan teknis (Bimtek) untuk peningkatan ekonomi perempuan angkatan IX di MIN 1 Agam, Kamis (14/10). Kegiatan ini digelar DP3A­P2KB Sumbar, melalui dana Pokir DPRD Sumbar Lazuardi Erman, yang diikuti 25 peserta perempuan pelaku industri rumahan, kepala keluarga dan usaha pemula.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Andri Warman men­dorong masyarakat terutama kalangan perempuan, untuk menghasilkan sebuah produk industri rumahan. “Ma­ka melalui Bimtek ini kita berharap dapat memotivasi perempuan untuk menghasilkan sebuah produk,” ujar Andri.

Hal ini diistilahkannya dengan sebutan Umega (usaha menambah gaji). Jika perempuan di rumah tidak terlalu sibuk, mereka bisa bekerja se­perti menjahit, buat maka nan dan lainnya. “Ini bisa menjadi usaha sampingan bagi perempuan untuk menambah pendapatan keluarga,” sebut bupati.

Masalah modal, ia minta tidak terlalu kuatir, karena Pemkab Agam telah bekerja­sama dengan Bank Nagari untuk membantu masyarakat dengan permodalan. Selain itu, Pemkab Agam juga akan menjembatani pelaku usaha untuk memasarkan produknya. “Insya Allah, 2022 kita akan dirikan BUMD untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produk yang dihasilkan masyarakat,” kata bupati.

Dengan begitu, ia ucapkan terimakasih pada anggota DP­RD Sumbar, Lazuardi Erman yang telah mengalokasikan dana pokirnya untuk pelaksa­naan Bimtek ini. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top