Menu

Bimbingan Perkawinan Penting, Bagaimana Menata Rumah Tangga yang Baik

  Dibaca : 46 kali
Bimbingan Perkawinan Penting, Bagaimana Menata Rumah Tangga yang Baik

PDG.PARIAMAN, METRO – Kepala Dinas  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berenca (PPKB) Padangpariaman H Aspinuddin Darab, kemarin, menjadi pemateri dengan Kabid Keluarga Berenacana H. Raflis Efendi dalam kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah usia remaja.

Kegiatan tersebut difasilitasi Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman. Kegiatan ini adalah salah satu inovasi Dinas PPKB Padangpariaman untuk pasangan pengantin berencana dalam menata keluarga masa depan yang baik dalam berumah tangga.

Aspinuddin Darab menyatakan bimbingan pra nikah bagi remaja usia nikah  merupakan salah satu program PPKB dengan berkeja sama dengan Kantor Kemenag Padangpariaman sebagai usaha mewujudkan generasi keluarga  masa depan yang sakinah mawadah warahmah.

“Memelihara perkawinan yang akan kalian jalani nantinya, diibaratkan menjaga piring kaca jangan sampai pecah, karena apabila piring sempat sudah pecah maka susah untuk menyatukannya dan pasti berbekas,” ujarnya.

Aspinuddin  berharap melalui Bimbingan pranikah bagi remaja usia nikah dapat menimalisir angka perceraian, karena sudah dibekali pengetahuan sebagai pondasi yang kuat mengelola rumah tangga nantinya.

Dia juga meminta para peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan jangan menyia-nyiakan kesempatan yang tidak semua remaja mendapatkan bimbingan ini.

“Ikuti kegiatan ini dengan serius karena kegiatan ini sangat berguna kelak ketika kalian akan mengarungi bahtera rumah tangga menuju sakinah mawadah warahmah,” ujarnya.

Kemudian lagi katanya, bimbingan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada remaja usia nikah tentang menata rumah tangga. Akan tteapi dalam bidang agama bagaimana rumah tangga itu mengetahui tentang fiqih munakahat atau perkawinan sebagai bekal dalam berumah tangga.

“Selain itu remaja akan memperoleh pengetahuan dari kita tentang keluarga yang berencana untuk menata masa depan yang baik. Begitu juga tentang kesehatan dalam berumah tangga terkhusus tentang kesehatan reproduksi dan kapan kesiapan berumah tangga dari sisi kesehatan,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional