Close

Bikin Bangga Indonesia, Pebalap Astra Honda Raih Podium Tertinggi IATC Mandalika

PODIUM PERTAMA-Veda Ega Pratama (tengah) berhasil meraih podium pertama pada race kedua di putaran terakhir pada ajang IATC 2022 yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

JAKARTA, METRO–Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama berhasil meraih podium tertinggi dalam dua race pamungkas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di sirkuit negeri sendiri yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat. Pencapaian membanggakan di hadapan pecinta balap Tanah Air ini sekaligus mengukuhkan Ve­da pada posisi tiga besar klasemen akhir ajang balap bergengsi tingkat Asia ini.

Gelaran IATC menjadi pembuktian para pebalap muda Indonesia dapat bersaing di tingkat balap Asia menghadapi lebih dari 20 pebalap mancanegara yang ikut serta sepanjang gelaran tahun ini. Perjuangan maksimal pun ditunjukkan pebalap Indonesia hingga putaran terakhir di Mandalika. Pada race, Veda yang melakukan start dari posisi pertama berhasil menjaga posisinya dari tekanan 3 pebalap lainnya hingga lap ketujuh. Secara konsisten dan perlahan, pebalap asal Gunung Kidul, Yogyakarta ini mampu keluar dari tekanan hingga memperlebar jarak hingga 7,9 detik dan berhasil finis di posisi pertama.

Raihan podium tertinggi pada race pertama menjadi bekal positif Veda dalam melakoni race kedua. Sempat berada pada posisi ke-6 hingga lap ketiga, Veda terus memacu motornya dengan semangat juang yang tinggi. Veda menyalip satu persatu pebalap di depannya hingga pada lap keenam dirinya dapat menempati posisi pertama hingga akhir balapan berakhir.

Keempat rekan setimnya yang juga dibina AHM, yakni Aan Riswanto, Reykat Yusuf Fadillah dan Muhammad Diandra Trihardika memulai start dari posisi grid ke-8, ke-12 dan ke-19. Pebalap muda yang bergabung sebagai pebalap wildcard yaitu Decksa Almer Alfaerezel berhasil meraih posisi grid ke-13. Pada Race pertama, perjuangan keras disuguhkan untuk bersaing ketat dengan pebalap lainnya. Hingga akhir balapan, Aan Riswanto menempati posisi ke-6, disusul oleh Reykat dan Diandra di posisi ke-11 dan ke-12, sedangkan Decksa berada di posisi ke-16.

Para race kedua, Aan Ris­wanto dan Reykat Yusuf Fadillah juga menunjukkan kemampuan terbaiknya de­ngan menghadapi 9 pebalap lainnya untuk perebutan podium ketiga. Reykat yang sempat menempati posisi ke-12 secara mengejutkan dapat menyodok masuk ba­risan depan rombongan pa­da dua lap terakhir hingga finis di posisi ke-4 disusul Aan yang finis di posisi ke-6. Decksa Almer Alfarezel harus finis di posisi ke-17 sedangkan Diandra tidak dapat melanjutkan perjuangan sejak lap ketujuh karena terjatuh.

Hingga akhir musim balap IATC 2022, Veda yang sempat mengalami cidera pada awal musim sehingga melewati satu putaran, berhasil meraih total 141 poin dan menempati posisi ketiga pada Rider’s Champhionship. Disusul Reykat pada posisi ke-8 dengan poin 86, Aan Riswanto dan Muhammad Diandra Trihardika berada di posisi ke-12 dan ke-14 de­ngan raihan 59 poin dan 42 poin.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan perjuangan para pebalap belia dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah balap Internatio­nal sangat terlihat jelas melalui persaingan ketat yang tidak patah semangat sejak awal musim. Dukungan kuat perusahaan akan terus diberikan untuk perjuangan para pebalap muda Indonesia dalam meraih prestasi tertinggi hingga ke kancah balap du­nia.

“Dari 11 balapan yang dilakukan, para pebalap muda ini mampu menunjukkan tren positif dalam peningkatan kemampuan dan metal yang terus membaik hingga dapat menjadi bekal untuk bersaing di tingkat dunia di kemudian hari. Program penjenjangan balap terus kami gulirkan untuk dapat membawa para pebalap mengha­rumkan nama Bangsa di ba­lapan dunia,” ujar Andy. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top