Close

BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi RI Triwulan II Capai 5,05 Persen

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia

JAKARTA, METRO–Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mem­proyeksikan pertumbuhan ekonomi triwulan II 2022 mencapai 5,05 persen di­ban­­ding­kan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

“Di triwulan dua kenapa membaik karena konsumsi swasta itu terus meningkat sejak bulan Ramadan,” ujar Perry dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) III Tahun 202 di Jakarta, Senin (1/8).

Sejak Ramadan, sambung dia, mobilitas masya­rakat semakin baik dan me­ningkatkan konsumsi swasta. Selain itu, terdapat pula kinerja ekspor yang cukup baik dan dorongan dari kebijakan fiskal yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Ke depan, pertumbuhan ekonomi pun diper­ki­rakan masih akan membaik di triwulan ketiga ta­hun ini, sebagai lanjutan dari perbaikan di triwulan II 2022.

Meski sudah membaik, Perry berpendapat perekonomian Indonesia belum benar-benar pulih karena konsumsi swasta baru mulai menggeliat di bulan Ramadhan sehingga momentum pertumbuhan ekonomi masih perlu dijaga.

Dengan pertimbangan ekonomi yang masih da­lam fase peningkatan dan inflasi inti yang masih ren­dah, BI pun memutuskan untuk kembali mempertahankan suku bunga acuan di level 3,5 persen pada Rapat Dewan Gubenur (RDG) bulan Juli 2022.

 “BI terus mewaspadai risiko kenaikan ekspektasi inflasi dan inflasi inti ke depan, serta memperkuat respons bauran kebijakan moneter yang diperlukan baik melalui stabilisasi nilai tukar rupiah, penguatan operasi moneter, dan suku bunga,” tegasnya.(jpc)

Maka dari itu, dirinya menekankan BI tidak terpengaruh dengan kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed dalam mengambil keputusan perubahan suku bunga acuan BI, meski tetap akan mempertimbangkan sentimen tersebut.(jpc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top