Menu

Bhabinkamtibmas Dongkrak UKM Masyarakat

  Dibaca : 372 kali
Bhabinkamtibmas Dongkrak UKM Masyarakat
USAHA PRODUKTIF— Melihat makin terpuruknya ekonomi warga karena pandemi Covid 19, Bhabinkamtibmas berinisiatif mendorong usaha masyarakat yang produktif.

SAWAHLUNTO, METRO
Melihat makin terpuruknya ekonomi warga karena dampak mewabahnya virus Covid-19, yang berpengaruh kepada banyak kesejahteraan dan pendapatan warga menjadi anjlok. Bhabinkamtibmas wilayah hukum Desa Pasar Kubang Bripka Riko Liberta memiliki inisiatif mendorong warga untuk dongkrak Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menurut penuturan Kapolsek Polsek Kota Iptu Marwan, memang menginstruksikan Bhabinkamtibmas untuk jeli memperhatikan peluang peluang bagi masyarakat untuk menambah penghasilannya. Salah satunya dengan mendorong usaha masyarakat agar mampu berdiri di tengah hantaman bencana non alam Covid-19 ini.

“Dengan meningkatkan UKM yang memang ada dan menjadi usaha sampingan warga dalam penuhi kebutuhan hidupnya. Sebab naiknya kesejahteraan akan mengurangi aksi aksi yang mengarah ke tindakan kejahatan, artinya terjadilah situasi yang kondusif,” ujar Kapolsek.

“Untuk daerah Desa Pasar Kubang Bhabinkamtibmas yang bertugas adalah Bripka Riko Liberta. Bekerjasama dengan warga setempat, selain menjaga Kamtibmas Bripka Riko Liberta juga terlibat membantu peningkatan ekonomi kreatif rakyat,“ jelas Marwan.

Bripka Riko Liberta yang berempati dengan kesulitan warga menceritakan keterlibatannya dalam UKM yang berbasis ekonomi kreatif. “Desa Pasar Kubang ini ada tiga bentuk usaha yang bagus perkembangannya dan menjanjikan. Dari 300 KK sekitar 80 KK memiliki usaha sampingan membuat kerupuk ubi. Juga ada usaha pembuatan pakan ikan air tawar (Margot) yang berasal dari sisa-sisa makanan difermentasi menjadi ulat Margot, dan juga pengembangan usaha madu galo-galo,” kata Marwan.

Disini dia ikut serta membantu masyarakat mulai dari proses awal pembuatan sampai telah menjadi kemasan. Riko tidak ragu turun tangan langsung meski berseragam Polisi, menurutnya ini suatu kepuasan sanubari dapat mengabdi langsung ke masyarakat.

“Bagi saya masyarakat Desa Kubang sudah seperti Dunsanak, tidak ada halangan bagi kita untuk berkecimpung dalam proses produksi kerupuk ubi ini dan juga pembuatan pakan ikan ulat Margot. Kita akan terus mendorong usaha ekonomi kerakyatan dalam bentuk UKM ini terus demi naiknya pendapatan warga,” pungkasnya Marwan. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional