Menu

Besok, Pendaftaran CPNS Kota Padang Dimulai, Februari, Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (CAT)

  Dibaca : 814 kali
Besok, Pendaftaran CPNS Kota Padang Dimulai, Februari, Ujian Seleksi  Kompetensi Dasar (CAT)

AIAPACAH, METRO – Bagi warga kota terutama pencari kerja yang sudah lama menanti pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Cegeri Sipil (CPNS) Kota Padang, mulai hari ini, Jumat (15/11) akhirnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengeluarkan pengumuman resmi. Sedangkan, besok, Sabtu (16/11) para pelamar sudah bisa mendaftar untuk CPNS Padang melalui sistem online.

Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Habibul Fuadi menuturkan, tahun ini pendaftaran melalui sistem online, yang dapat akses di website https://sscasn.bkn. go.id. Ada 374 formasi untuk Kota Padang. Terdiri dari 23 tenaga kesehatan, 240 tenaga pendidikan dan 111 tenaga teknis.

“Dari 374 formasi untuk Kota Padang, terbanyak itu untuk tenaga pendidik. Sisanya untuk tenaga teknis dan kesehatan,” ulas Habibul.

Dijelaskan sistem pendaftaran dimulai 16 November hingga 30 November. Sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan pada 16 Desember 2019.

“Kita mengimbau pelamar CPNS agar mengisi data secara valid, jangan pernah merekayasa. Jika saat verifikasi dinyatakan lulus, namun data tidak benar, maka bisa saja gagal,” tegas Habibul.

Habibul menjelaskan, saat ini, pegawai Pemko Padang sudah sangat minim. Jumlah pegawai yang pensiun mencapai 400 orang lebih. Sekarang, PNS di lingkungan Pemko Padang berjumlah sekitar 9.000 orang.

”Jumlah itu sangat kurang. Kekurangan kota Padang adalah sejumlah 3000 orang lagi,” kata Habibul.

Akibat kekurangan ini, sejumlah pelayanan publik banyak yang kurang maksimal. Pelayanan hanya dimaksimalkan dengan petugas yang ada. Seperti di kelurahan dan kecamatan.

Seperti diketahui untuk tes atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan menggunakan sistem Computer Assisted test (CAT). Tes tersebut akan dimulai pada Februari 2020. Sedangkan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) digelar pada Maret 2020.

SKD dilakukan menggunakan CAT. Tes ini rencananya dimulai pada Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Di sisi lain, berdasarkan aturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang telah resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen CPNS, pendaftaran sendiri sudah berlangsung sejak 11 November secara online melalui SSCASN BKN.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pendaftaran online adalah kelengkapan dokumen. Tahap pertama dari seleksi CPNS adalah seleksi administrasi. Oleh karena itu, peserta harus memastikan dokumen yang dipersyaratkan lengkap sesuai dengan formasi yang dilamar.

Dokumen yang harus disiapkan, diantaranya, pas foto berwarna berlatar belakang merah swafoto, Kartu Identitas dan Kartu Informasi KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (lihat tabel)

Di sisi lain, tahun ini, satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. Pendaftaran dibuka pada 68 kementerian/lembaga, 462 pemerintah daerah dengan total jumlah alokasi formasi sebanyak 37.425 untuk instansi pemerintah pusat dan 114.861 untuk instansi pemerintah daerah. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional