Close

Besok, Pelajar SD dan SMP Mulai PTM, Wako Padang: Pastikan Keselamatan Anak-anak kita, Sekolah Wajib Terapkan Prokes Ketat

Hendri SeptaWali Kota Padang.

A YANI, METRO–Setelah berbulan-bulan pelajar tingkat SD dan SMP di Kota Padang mengikuti bela­jar daring di rumah saja, akhirnya Wali Kota Padang Hendri Septa mengeluarkan keputusan jika Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah akan dimulai besok, Rabu (22/9).

Keputusan untuk mem­buka kembali PTM setelah Ko­ta Padang keluar dari Pem­ber­lakuan Pem­batasan Ke­gia­tan Masyarakat (PPKM) le­vel IV. Saat ini Kota Padang su­dah berada di PPKM level III.

“Alhamdulillah, Padang sudah keluar dari PPKM level IV. Namun, peralihan status tersebut masih terkendala dengan realisasi vaksinasi Covid-19 yang masih ren­dah,” kata Hendri Septa, Senin (20/9).

Dengan kondisi ini, Wa­ko menegaskan ia telah me­ngam­bil kebijakan un­tuk memulai PTM di seko­lah mulai Rabu. “Pekan ini kita sudah mulai PTM kem­bali di sekolah. Untuk tahap awal, kita buat dengan sistem 3 hari dalam se­minggu. Artinya 3 hari se­kolah, 3 hari lagi belajar di rumah,” kata Hendri Septa.

Dengan dimulainya PTM ini, pihak sekolah harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini untuk mencegah terjadinya penularan kasus baru dikalangan anak didik ketika PTM kem­bali dilakukan.

“Perangkat kesehatan harus lengkap seperti thermo gun, tempat cuci tangan, tisu, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan protokol kesehatan,” katanya.

Saat ini, menurut Wako, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan tengah menggencarkan vaksinasi kepada semua pelajar SMP di se­kolah-sekolah. Vaksinasi ini telah dilakukan dan telah berjalan 30 persen. Targetnya adalah 45.000 ribu  sis­wa SMP divaksin dalam wak­tu dekat.

Untuk itu, ia mengimbau semua orang tua murid untuk bekerjasama me­la­k­ukan vaksinasi kepada anak-anak. “Vaksinasi adalah hak anak. Tolong beri hak mereka agar bisa terhindar dari serangan virus corona,” kata Hendri Septa.

“Yang terpenting, kepada orang tua dan guru untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kesehatan anak-anak kita. Dimulai saat sebelum berangkat ke sekolah, dalam perjalanan, saat mengikuti pembelajaran di dalam sekolah, serta saat perjalanan kembali ke rumah,” tuturnya.

Ditambahkan Wako, saat ini diperlukan kesadaran dan gotong royong untuk menekan laju virus Covid-19 serta memastikan anak-anak Indonesia tetap mendapatkan pembelajaran yang berkualitas. “Keduanya adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Vaksin Covid-19 sangat aman dan halal. Jadi tidak perlu diragukan lagi. “Virus Corona ini akan terus ada. Makanya, semua harus divaksin agar aman. Sama dengan vaksin polio, cacar dan lainnnya,” pungkas Wako Hendri Septa.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siry berharap  PTM di se­kolah dapat berjalan de­ngan baik, setelah berbu­lan-bulan anak didik ha­rus belajar dari rumah sa­ja.

Ia punmenyambut baik pelaksanaan PTM di se­kolah dan pihaknya meminta pengawasan Prokes harus dilakukan secara ber­kala. “Kita berharap dengan dimulainya PTM anak-anak bisa kembali belajar maksimal dan mendapat materi dengan baik dari guru me­reka di sekolah. Belajar daring dengan belajar di se­kolah tentu akan berbeda,” ungkap Azwar Siry.

Ia juga meminta pihak sekolah memastikan betul pelaksanaan protokol kesehatan selama PTM. Tidak hanya di sekolah, tapi memastikan prokes dilakukan siswa sejak berangkat hingga pulang ke rumah. “Anak-anak mesti dicek sejak awal, siapa yang mengantar dan pulangnya ba­gai­mana. Saran saya yang mengantar adalah orang tuanya, sehingga bisa men­jamin mereka sehat. Itu yang penting,” ulas politisi Partai Demokrat ini.

Di sisi lain, sebelum memulai kegiatan belajar, setiap anak didik harus melakukan pengecekan suhu, cuci tangan, serta wajib menggunakan mas­ker selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung.

“Jika prokes dilaksanakan dengan baik, mudah-mudahan kita semua terhidari dari virus ini, Bagaimanapun, keselamatan anak-anak kita tentu harus diutamakan,” pungkas Az­war Siry. (tin/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top