Menu

Besok Operasi Patuh Dimulai, Polresta Prioritaskan 8 Pelanggaran

  Dibaca : 740 kali
Besok Operasi Patuh Dimulai, Polresta Prioritaskan 8 Pelanggaran
TILANG—Petugas Satlantas Polresta Padang menilang pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas saat Operasi Patuh Singgalang (OPS) tahun lalu.

M YAMIN, METRO
Mulai Kamis (23/7), kepolisian akan mengadakan Operasi Patuh serentak di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Satlantas Polresta Padang. Operasi Patuh Singgalang Satlantas Polresta Padang 2020 berlangsung selama dua minggu hingga Rabu (5/8).

Dalam Operasi Patuh 2020 yang menjadi sasaran yaitu pendisiplinan masyarakat dalam berkendaraan bermotor di jalan raya. Meski operasi Patuh Singgalang 2020 dilakukan di tengah pandemi virus corona, pengemudi kendaraan bermotor baik itu mobil yang melanggar lalu lintas, tetap akan dikenakan tilang.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan didampinggi oleh Kasatlantas, AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan, tindakan hukum yang dikedepankan ialah persuasif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Serta menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas,” ujar Yulmar.

Kasatlantas Polresta Padang, AKP Sukur Hendri Saputra menjelaskan, tindakan tilang tidak dilarang, tetapi tetap harus mengedepankan tindakan humanis terlebih dahulu. Ada sekitar delapan pelanggaran yang menjadi prioritas yang akan menjadi sasaran dalam operasi patuh.

“Seperti tidak mengunakan helm, bonceng tiga, knalpot racing, tidak menggunakan sabut pengaman, melawan arus, mengunakan HP saat berkendara, kelebihan muatan dan over dimensi,” tandasnya.

Ia menjelaskan, setiap personel akan melakukan patroli di tempat -tempat yang dianggap rawan pelanggaran. Jika ada ditemukan pelanggaran, langsung diberhentikan dan ditanya surat-surat kendaraannya.

“Jika bersalah melakukan pelanggaran, langsung dilakukan penilangan. Kita tidak main-main yang namanya pelanggaran. Jadi kami mengimbau kepada para masyarakat atau pengendara jalan supaya melengkapi surat-surat kendaraan dan patuhilah peraturan berlalu lintas,” harapnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional