Menu

Besok Hari Terakhir PPKM Darurat, PBM Tatap Muka, Disdik Tunggu Instruksi

  Dibaca : 250 kali
Besok Hari Terakhir PPKM Darurat, PBM Tatap Muka, Disdik Tunggu Instruksi
Habibul Fuadi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang

AZIZ CHAN, METRO–Kepala Dinas Pen­didi­kan (Disdik) Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan proses belajar mengajar (PBM) akan tetap dilakukan secara daring jika Pem­berlakuan Pembatasan Ke­giatan Masyarakat (PPKM) darurat akan berakhir pada Selasa (20/7) besok. Pasal­nya, kasus Covid-19 masih tinggi di Kota Padang.

“PPKM Darurat akan berakhir, Selasa (20/7). Dan PBM tampaknya tetap akan dilakukan secara daring atau di rumah saja,” ujar Habibul, Minggu (18/7).

Menurutnya, pelak­sa­naan PBM daring tetap berlangsung karena kasus Covid-19 belum menga­lami penurunan. Jika dipak­sakan tatap muka di seko­lah, akan berisiko besar. Baik itu pada anak dan majelis guru.

“Disdik tidak mau gega­bah dalam mengambil ke­putusan terkait hal ini,” kata mantan Kepala BKPSDM Kota Padang ini.

Disdik Kota Padang akan berkoordinasi dengan pimpinan dan Dinkes soal wacana PBM Tatap Muka. Apabila kondisi sebagian kecamatan zonanya aman dan pimpinan memberi izin, maka PBM tatap muka dengan shift dibagi siap dilaksanakan.

“Kita lihatlah data dari Dinkes dulu. Jika separuh daerah bisa PBM tatap muka, sekolah bisa terap­kan. Yang pasti dengan menjalankan prokes ketat seperti pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan,” paparnya.

Ia mengimbau kepada majelis guru agar berte­gas-tegas dalam penera­pan prokes bila PBM tatap muka akan digelar nanti. Selain itu, jika anak didik tidak sehat, maka tidak diperbolehkan masuk kelas atau disuruh pulang.

Terpisah, anggota Ko­misi IV DPRD Kota Padang, Wismar Pandjaitan me­nyambut baik hal itu dan menyarankan kepada Dis­dik untuk tidak menggelar tatap muka dahulu saat ini sampai kondisi aman.

Apabila sebagian dae­rah bisa menggelar PBM tatap muka, maka harus dengan prokes ketat. Ka­rena, kasus corona masih tinggi dan jangan sampai terjadi lonjakan kasus di kalangan anak-anak seko­lah ketika PBM dilakukan di sekolah.

“Selain itu Disdik harus turun ke sekolah-sekolah, jangan diserahkan ke ma­jelis guru saja penga­wa­sannya,” pungkas kader PDI-P ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional