Close

Bertemu Konsul AS Mr. Gordon Church, Wako Hendri Septa Jalin Kerja Sama Sister City

BERSAMA KONSUL AS —Wali Kota Padang Hendri Septa berfoto dengan Konsul AS untuk Indonesia di Medan Mr. Gordon Church di Kantor Konsulat AS di Medan, Kamis (18/11). Pemko Padang menjalin hubungan kerja sama dengan Konsulat Amerika Serikat (AS) di Medan, Sumut.

MEDAN, METRO–Untuk lebih memajukan kota yang ia pimpin, khususnya dalam bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata, Wali Kota Padang Hendri Septa dan jajaran terus melakukan berbagai upaya, termasuk menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Alhamdulillah hari ini, kita Pemerintah Kota Padang menjalin hubungan kerja sama dengan Konsulat Amerika Serikat (AS) di Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kita sama-sama sepakat menjalin kerja sama di bidang perdagangan, pendidikan, dan pariwisata,” ungkap Wali Kota usai melakukan pertemuan de­ngan Konsul AS untuk Indonesia di Medan Mr. Gordon Church di Kantor Konsulat AS di Medan, Kamis (18/11).

Wali Kota Padang itu mengungkapkan, atas na­ma Pemerintah Kota Pa­dang dan warga Kota Pa­dang ia mengucapkan te­rima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Konsulat AS untuk Indonesia di Medan atas tercip­tanya kerja sama tersebut.

“Kita senang dan be­r­terima kasih kepada Kon­sulat AS untuk Indonesia di Medan yang menyatakan siap bekerja sama men­dorong Pemko Padang da­lam memajukan bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata di Kota Padang,” kata Wako.

“Alhamdulillah, dengan potensi Kota Padang yang sangat besar di tiga bidang tersebut, Konsul AS untuk Indonesia di Medan akan mendukung terciptanya sister city (kota kembar) antara Kota Padang de­ngan salah satu kota di AS yang unggul di bidang per­dagangan, pendidikan san pariwisata. Tentunya yang sama memiliki karakte­ristik, minat serta visi dan misinya,” sebut Hendri Septa menambahkan.

Ia memaparkan, sebe­narnya Pemko Padang per­nah diundang sebelumnya oleh Kementerian Luar Negeri AS melalui Konsul AS di Medan untuk me­ngikuti IVLP (International Visitor Leadership Program) pada akhir tahun 2018 lalu. “Kita bisa mengi­kuti program IVLP on Demand, yaitu program IVLP yang didesain sesuai minat kota terkait seperti yang pernah dilakukan bebera­pa kota di Indonesia con­tohnya Kota Bandung,” ulasnya.

Dalam program IVLP on Demand sesuai minat tersebut, Konsul AS untuk Indonesia di Medan me­nya­rankan kita mengi­kut­sertakan stakeholder se­perti perguruan tinggi dan Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin). Apalagi di Kota Padang sudah pu­nya American Corner yai­tu di Universitas Andalas. Semoga dapat mendukung upaya tersebut.

Sementara itu Konsul AS untuk Indonesia di Me­dan Mr. Gordon Church menyampaikan terima ka­sih kepada Wali Kota Pa­dang dan jajaran yang me­ngunjungi pihaknya kali ini.

“Kita siap mendukung dan memfasilitasi Kota Padang untuk melakukan kerja sama sister city de­ngan salah satu kota di AS. Khususnya dalam hubu­ngan kerja sama di bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata yang resmi terjalin hari ini,” sebut.

Dalam kesempatan itu juga hadir mendampingi Wali Kota Padang Hendri Septa diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Asisten Ad­ministrasi Umum Didi Ar­yadi, Kepala Dinas Perda­gangan Andree Algamar, Kabag Kerja Sama Erwin M, Kabag Prokopim Amri­zal Rengganis dan juga Dirut Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Peb­rizal.

Pertemuan diakhiri de­ngan saling melakukan pertukaran cendera mata antara Wali Kota Hendri Septa dengan Konsul AS untuk Indonesia di Medan Mr. Gordon Church. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top