Close

Bertahun-tahun Sungai Sapiah jadi Langganan Banjir, Desrio Putra: Sinergitas Pemko dan Pemprov Atasi Banjir

KELUHAN WARGA— Warga Kompleks Jabal Rahmah Lestari Kelurahan Sungai Sapiah, Kecamatan Kuranji mengeluhkan penderitaan mereka akibat banjir yang terus menerus mereka alami ketika hujan turun, saat Reses III tahun 2021 Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra, Sabtu (30/10).

SUNGAI SAPIAH, METRO–Kawasan Sungai Sa­piah, Kecamatan Kuranji, merupakan salah satu da­e­rah di Kota Padang yang kerap menjadi langganan banjir setiap hujan turun dengan intensitas tinggi. Bahkan persoalan keban­jiran ini sudah lama men­jadi penderitaan bagi war­ga setempat.

Hal itu terungkap pada diskusi Reses III tahun 2021 Anggota DPRD Sum­bar Desrio Putra  di Kom­pleks Jabal Rahmah Lestari Kelurahan Sungai Sapiah, Kecamatan Kuranji, Sabtu (30/10).

Menurut Ketua RT 04 / RW 05 Kelurahan Sungai Sapiah  Riko Pernandes yang didamping pengurus Masjid Jabal Rahmah Sal­manir, jalan menuju Kom­pleks Jabal Rahmah sering terjadi banjir ketika hujan.

“Indikasinya drainase dari Bypass masih tergo­long kecil, karena air yang dari Bypass melewati drai­nase menuju Kompleks Jabal Rahmah, termasuk di daerah Parak Rumbio,” katanya.

Menanggapi keluhan masyarakat sering terjadi  banjir di daerah Sungai Sapiah Anggota DPRD Sum­bar Desrio Putra menga­takan, sudah menitipkan solusinya di Dinas Pe­ngelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumbar agar cepat ditanggulangi.

“Karena daerah ini ma­suk dalam  kawasan wila­yah pembangunan pe­ngen­dalian banjir Sungai Batang lurus Maransi,” kata Desrio.

Ia menambahkan un­tuk pengendalian banjir akan ada normalisasi ban­da luriih akan agar drai­nase yang di Sungai Sapiah terkoneksi.

Dia berharap siner­gitas Pemprov Sumbar dan Pem­ko Padang bisa secara ber­sama-sama, apabila program kota yang tidak bisa dijawab oleh pemko bisa diteruskan ke provinsi. “Arti­nya kita harus men­jawab masalah yang ada di te­ngah masyarakat secara ber­sama-sama,” ung­kap­nya.

Pada kesempatan itu, Reses III tahun 2021 ang­gota DPRD Sumbar Desrio Putra juga dihadiri oleh Ketua DPRD Padang Syaf­rial Kani dan juga  Dinas PSDA Sumbar dan Lurah Sungai Sapiah Asral Maas.

Dijelaskan Ketua DPRD Syafrial Kani, dalam hal penanganan banjir yang tidak pernah hilang di Kota Padang, drainase menjadi masalah serius dalam pe­nanganan banjir yang ter­jadi di Kota Padang.

“Kita meminta peme­rintah Kota Padang setem­pat  untuk segera membuat masterplan induk yang terintegritas untuk menga­tasi permasalahan banjir,” katanya.

Ia juga menegaskan, kalau untuk penanggu­la­ngan banjir di Kota Padang masih berada pada tahap memindahkan aliran banjir sehingga masih belum mak­simal karena dasarnya adalah drainase yang ter­integrasi di seluruh Kota Pa­dang.

“Maka dari itu, Pemko Padang dan Pemprov ha­rus bersama-sama ber­siner­gitas menuntaskan perma­salahan banjir di Kota Pa­dang,” tandasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top