Close

Bertahap, Identitas Kependudukan Digital Mulai Disosialisasikan di Pa­dang Panjang

SOSIALISASI—Tim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mulai melakukan sosialisasi Penerapan Identitas Kependudukan Digital.

PDG.PANJANG, METRO–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mulai melakukan sosialisasi Penerapan I­den­titas Kependudukan Digital. Hal tersebut diuta­rakan Kepala Disdukcapil melalui Pranata Komputer, Sub Koordinasi Sistem Informasi Administrasi Ke­pendudukan, Windo A. Rez­zo, S.Kom, M.Si kepada Kominfo, Jumat (5/8).

Dikatakan Rezzo, pihaknya tengah melaksanakan sosialisasi kepada seluruh OPD se-Kota Pa­dang Panjang.

“Sesuai arahan dari pusat, kita mulai melakukan sosialisasi kepada ASN dan THL se-Kota Padang Panjang terlebih dahulu. Jadi setelah sosialisasi ini, para ASN dan THL akan memiliki satu lagi identitas kependudukan yang berbentuk digital. Sehingga nanti apabila kita akan pergi ke kantor layanan publik yang telah bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri, kita tidak perlu lagi membawa KTP dan KK untuk mengurus sesuatu. Cukup dengan aplikasi yang ada di handphone saja,” jelasnya.

Disampaikannya lagi, untuk mendapatkan aplikasi ini, si pengguna wajib memiliki smartphone, su­dah memiliki KTP el atau sudah melakukan perekaman KTP el. Namun bagi yang tidak punya smartphone masih tetap menggunakan e-KTP seperti biasa.

Identitas kependudukan digital dilaksanakan guna mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi menge­nai digitalisasi kependu­dukan.

Meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk. Untuk transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital. Serta me­ngamankan kepemilikan identitas kependudukan digital melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

“Jadi intinya aplikasi ini akan mempermudah kita untuk melakukan pelayanan publik,” sebutnya.

Selain itu, kata Rezzo, kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut Surat Edaran Walikota Padang Panjang Nomor 15 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan I­den­titas Digital. “Hingga September mendatang, kami akan melakukan pendataan pada seluruh OPD,” tuturnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top