Menu

Bersama Pengrajin Gula Aren, Satgas TMMD/N Kodim 0306/50 Kota Menimba Ilmu Bersama

  Dibaca : 42 kali
Bersama Pengrajin Gula Aren, Satgas TMMD/N Kodim 0306/50 Kota Menimba Ilmu Bersama
BUAT GULA AREN— Para personel TMMD/N melaksanakan pelatihan membuat gula nira bersama Murdianto di Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Kegiatan TNI Manung­gal Membangun Desa/ Na­gari (TMMD/N) ke 111 Ko­dim 0306/50 Kota, sampai saat ini masih berjalan dengan lancar.

Selama kegiatan TMM­D/N ini, sangat banyak pendekatan yang dilakukan anggota TNI untuk me­wujudkan kemanunggalan membangun desa.

Pada hari ini, Kamis (8/7) para personil TMMD/N melaksanakan pelatihan membuat gula nira ber­sama Murdianto di Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka.  Para Anggota Satgas TMMD/N mengikuti setiap proses pembuatan gula nira yang dipandu oleh Murdianto.

Para Anggota Satgas TMMD/N telah banyak me­nambah pengalaman sela­ma kegiatan TMMD/N yang ke-111 ini. Fokus utama kegiatan TMMD tahun 2021 ini, pembangunan jalan dari Nagari Talang Maur menuju Nagari Maek, Ke­ca­matan Mungka.

Yang mana proyek ini telah bertahun-tahun di­nan­tikan oleh masyarakat Talang Maur. Namun, di sela-sela pelaksanaan ke­giatan pembukaan dan pembangunan jalan, Ang­gota TMMD/N selalu me­nyem­patkan diri berbin­cang, membantu dan me­ngab­di untuk masyarakat.

Mulai dari membantu ber­tani, beternak, hingga be­lajar cara membuat Gula Aren.

Kunjungi Berbagai Tem­pat Usaha Milik Warga

Berbagai kunjungan di­la­kukan oleh Anggota Sat­gas TMMD/N ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota, ke tempat usaha yang dirintis oleh masyarakat Nagari Talang Maur dan Nagari Maek.

Kunjungan ini adalah agenda rutin harian ang­gota Satgas dalam men­jalankan rangkaian ke­giatan TMMD/N ke 111. Kamis (8/7) Anggota Sat­gas TMMD/N melakukan kunjungan ke tempat usa­ha pengolahan buah durian Oki di Jorong Talang, Na­gari Talang Maur.

Usaha ini telah ditekuni selama 20 tahun oleh Oki. Durian ini dibekukan dan dikemas rapi di dalam Tup­perware. Nantinya akan diolah kembali menjadi bahan baku selai, roti, mar­tabak, kolak durian, eskrim, tempoyak dan lain-lain.

Durian yang akan dibe­kukan akan dikirim ke ber­bagai daerah sesuai de­ngan permintaan seperti ke Padang, Palembang, Medan, dan Jakarta. Dalam satu minggu, Oki bisa me­ngirim 500 kg hingga 1 ton durian.

Dalam kunjungan ini, Anggota Satgas TMMD/N tentunya membantu ber­bagai kegiatan yang dila­kukan oleh Oki. Selain itu, kunjungan ini juga untuk mempererat tali silaturah­mi dengan masyarakat.  Banyak hal yang dipelajari anggota Satgas TMMD da­lam setiap kunjungan yang dilakukan.(uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional