Menu

Bersama Membasmi Wabah Covid-19, Seluruh ASN Jalani Tes Swab

  Dibaca : 120 kali
Bersama Membasmi Wabah Covid-19, Seluruh ASN Jalani Tes Swab
TES SWAB—Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin meninjau pelaksanaan tes swab di Balaikota Pariaman.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman

Pasangan Wali Kota Pariaman H Genius Umar dan Wakil Walikota Pariiman Mardison Mahyuddin dalam membasmi wabah Covid 19 tidak main-main dalam daerahnya. Kenapa tidak pasangann tersebut kepala daerah tersebut setiap ada pelaksanaan kegiatan di lingkungannya Pemko Pariaman wajib mematuhi protokoler covid 19.

Tak heran semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pariaman langsung dilaksanakan tes swab dalam rangka menekan dan memutus covid 19.

Wali Kota Pariaman Genius Umar didampingi Wakilnya, Mardison Mahyuddin menyatakan semua pusat perkantoran Balaikota Pariaman harus diakukan penyemprotan desinfektan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul mengungkapkan tim satgas covid-19 Kota Pariaman hari ini melakukan penyemprotan desinfektan diseluruh area Balaikota.

“Penyemprotan ini dilakukan karena dapat informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman bahwanya ada salah seorang Aparatur Sipil Negara Sekretariat Daerah Kota Pariaman yang dinyatakan positif dan melakukan traking terhadap ASN yang di sekretariat untuk dilakukan tes swab,” ungkapnya.

“Hari ini langsung dilakukan tes swab terhadap orang yang kontak erat dengan yang bersangkutan dan dilakukan tes swab terhadap seluruh orang yang ada di Sekretariar Daerah Kota Pariaman di Rs.Sadikin Kota Pariaman,” ujarnya.

Kemudian katanya, Kota Pariaman, peningkatan kasus Covid-19 terus bertambah. Maka dari itu seluruh masyarakat maupun ASN untuk tetap disiplin protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker keluar Krumah, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. “Kami juga menghimbau kepada ASN yang pulang dari perjalanan dinas dari luar daerah untuk melakukan tes swab, karena melihat kondisi saat ini kasus positif yang ada di Sumatera Barat umumnya kasus yang berasal dari luar daerah. Maka dari itu, diharapkan kesadaran dari seluruh ASN untuk tetap disiplin terhadap protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia berharap kepada Kepala OPD untuk menginstruksikan kepala seluruh anggotanya yang sudah pulang dari luar daerah untuk melakukan tes swab secepatnya untuk melakukan tes swab. Dan kami dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman siap untuk melakukan pengambilan swab ini

Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin semenjk dilakukan tes swab ini langsung melakukan pemantauan pelaksanaan pengambilan sample lendir yang diambil dari dalam hidung dan tenggorokan ASNdan jajaran Polres Pariaman.

“Saat ini kita berperang dengan musuh yang tak kasat mata, sehingga upaya kita untuk memutus penyebaran Covid-19 ini di Kota Pariaman, benar-benar kita lakukan dengan maksimal,” ujarnya.

Mardison Mahyuddin juga memerintahkan kepada semua masyarakat dan stakeholder dan instansi terkait, dapat saling bekerjasama dengan baik, saling mendukung satu sama lainya, karena virus corona ini tidak akan bisa diatasi kalau hanya pemerintah saja yang bergerak. “Saya harap kita serius dengan Covid-19 ini, apalagi sudah ada 10 warga Kota Pariaman yang positif Covid-19, kepada siapa saja yang kontak dengan pasien positif agar dapat melaksanakan tes swab, begitu juga dengan para kepala OPD dan jajaranya serta anggota DPRD yang baru pulang dari perjalanan dinas luar daerah, agar dapat melakukan tes swab juga,” ungkapnya.

“Selalu lakukan 3 M untuk menjaga diri sendiri, dimana M yang pertama menggunakan masker, dimanapun dan kemanapun kita bepergian serta di kantor, M yang kedua mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau selalu memakai hand sanitizer, dan M yang ketiga Menjaga jarak atau sosial distancing, menjauhi keramaian dan kerumunan orang,” tujarnya.

Mardison juga menghimbau agar kemua dapat menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah, dimana kebijakan tersebut adalah untuk kebaikan bersama, serta hendaknya dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari, dimana kebiasaan tersebut dijadikan sebagai sebuah Adaptasi Kebiasaan Hidup Baru, yang harus dialani.

Pengambilan sample pada hari ini mencapai sebanyak 196 sample dari personil Polres Pariaman, dimana besok akan dilanjutkan kembali untuk sisanya. Wawako Pariaman ini juga memerintahkan untuk seluruh fasilitas, mulai dari asrama, gedung Polres Pariaman dan rumah anggota Polres nanti akan dilakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas tersebut,

Tak heran saat Pemerintah Kota Pariaman mengikuti rapat persiapan kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian beserta Ketua Umum TP-PKK RI, Ny. Tri Tito Karnavian ke Sumatera Barat harus patuhi protokoler covid-19.

Rapat secara virtual tersebut dipimpin oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI, Akmal Malik, diikuti Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno beserta seluruh bupati dan walikota se Sumbar. Pemko Pariaman sendiri diwakilkan oleh Sekdako Pariaman, Fadli, Kominfo Kota Pariaman, Hendri, Kadis Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul, Kepala Kesbangpol Kota Pariaman, Muhammad Rum dan Sekretaris TP-PKK Kota Pariaman, Darmi.

Kunjungan kerja Mendagri RI beserta ibu tersebut adalah dalam rangka koordinasi kesiapan pilkada serentak tahun 2020 dan pengarahan kepada Satgas Covid-19 di Provinsi Sumbar. Kemudian, agenda selanjutnya, acara launching gerakan sejuta masker serta pembagian masker dan sembako.

Untuk Pemprov sendiri, lanjut Irwan, sudah menyiapkan kurang lebih ratusan ribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat kita nantinya. Gubernur sangat mendukung adanya program Gebrak Masker ini, karena selaras dengan akan munculnya Perda terkait dengan kebiasaan baru ini yang didalamnya akan ada sangsi dan denda bagi yang tidak menggunakan masker.

Ia mengatakan bahwa, program gebrak masker yang diinisiasi oleh Mendagri RI dan Ibu Ketua Umum TP-PKK ini adalah sangat relevan, untuk membiasakan masyarakat kita agar disiplin gunakan masker. Diharapkan dampak kegiatan ini juga dapat mengurangi penambahan jumlah kasus positif covid-19 di Sumbar, sehingga akan semakin terkendali.

Dijadwalkan besok Menteri beserta ibu sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada pukul 08.20 WIB disambut oleh Gubernur Sumbar, Forkopimda, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, masing-masing beserta isteri. Acara digelar di Hotel Grand Inna Padang. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional