Close

Bersama Ketua DPRD Limapuluh Kota , Bupati Limapuluh Kota Resmikan Rumah Baca Tan Malaka

RESMIKAN RUMAH BACA—Bupati Limapuluh Kota Safaruddin bersama Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra meresmikan Rumah Baca Tan Malaka.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Seiring dengan dica­nangkannya Bulan Bahasa dan Sastra oleh Kemen­dikbudristek, Bupati Lima­puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan Rumah Baca Tan Malaka di UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Suliki, pada Selasa, (2/11).

Rumah baca ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM yang berbudaya dan berdaya saing serta berlandaskan keimanan sesuai visi misi daerah Kabupaten Lima­puluh Kota

Dalam sambutannya sekaligus membuka ke­giatan tersebut, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mem­berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Suliki yang telah mendirikan rumah baca untuk meningkatkan kemampuan literasi para siswa

“Buku adalah jendela ilmu, semoga ini akan meningkatkan minat baca siswa dalam rangka menuju masyarakat yang literasi. Untuk itu, mari selalu kembangkan ide dan ga­gasan dalam meningkatkan SDM anak bangsa di Limapuluh Kota,” ajak Safruddin.

Bupati yang merupakan mantan Anggota DP­RD provinsi itu menilai, pendirian rumah baca Tan Malaka ini merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan li­terasi siswa, terlebih di era digital saat ini yang membutuhkan kemampuan me­mahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dan didapat dari sumber yang beragam

Untuk itu para siswa dihimbau harus bijak da­lam mengelola dunia di­gital terutama penggu­naan smarthphone de­ngan pemahaman yang kritis dan kreatif, dalam menghadapi perkemba­ngan teknologi yang akan semakin maju dan tidak terbatas.

“Andai kata kita tidak mampu mengelola dunia digital dengan baik, filter utamanya adalah kembali kepada ajaran agama yaitu AL Quran dan Sunnah. Kita akan melahirkan generasi yang berilmu, beriman, serta tau dengan adat istiadat. Mari jaga anak kita, jangan sampai lost Control,” himbau Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra S. Si mengatakan bahwa ini merupakan sebuh langkah maju dalam mening­katkan minat baca siswa di Kabupaten Limapuluh Kota “Kita mengucapkan terimakasih, ini patut di­contoh oleh sekolah-se­kolah lain. Membaca me­rupakan pintu gerbang ilmu pengetahuan,” ucap Deni

Dalam menunjang hal tersebut, Deni Asra me­ngaku akan mensuport program Bupati dalam memperkuat dunia pendidikan dan kesehatan untuk mencetak generasi tangguh di Kabupaten Limapuluh Kota

“Dengan semua koordinasi yang kita laksanakan, mudah mudahan RP­JMD yang telah kita sepakati secara bersama da­pat berjalan dengan baik dan terarah. Kami ingin mewariskan sebuah daer­ah yang baik bagi generasi kita. Mewariskan generasi yang tangguh, generasi yang kuat iman dan taq­wanya serta memahami ilmu dan pengetahuan dan teknologi,” tukasnya.

Dalam sambutannya, Bunda Literasi Kabupaten Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin berharap rumah baca Tan Malaka ini bisa menjadi pioner bagi se­kolah sekolah lain, sehingga budaya literasi bisa lebih menyeluruh di Labupaten Limapulih Kota “Ma­ri budayakan membaca, untuk masa depan gemilang dan tangguh,” tuturnya.

Selain Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, beserta Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra S. Si dan Wendi Chandra, serta Bunda Literasi Labupa­ten Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin, hadir pada kesempatan itu Kadis Pendidikan, Indrawati M. Mpd, Asisten II, Fitma Indra­yani, SH, Camat Suliki beserta forkopimca, Wali Nagari Suliki, serta Kepala sekolah se Kabupaten Limapuluh Kota. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top