Menu

Bersama Instansi Pemerintah, BNNK Payakumbuh Gelar Rapat Kerja

  Dibaca : 90 kali
Bersama Instansi Pemerintah, BNNK Payakumbuh Gelar Rapat Kerja
SAMBUTAN—Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Sarminal, S.H.,M.Hum memberikan sambutan saat rapat kerja

PAYAKUMBUH, METRO
Seksi P2M BNN Kota Payakumbuh melaksanakan kegiatan dalam rangka rapat k erja pemberdayaan masyarakat Anti narkoba bersama instansi pemerintah Kota Payakumbuh. Kegiatan dibuka oleh Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Sarminal, S.H., M.Hum.

Yang bertindak sebagai narasumber Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Sarminal, S.H.,M.Hum dengan judul materi strategi pemberdayaan masyarakat, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh Bapak Budhy Dharma Permana, S.Sos,MM. Par dengan judul materi pembentukan tim terpadu berdasarkan permendagri Nomor 12 tahun 2019 dalam upaya Kelurahan Bersih Narkoba dan Kasubbag Pemerintahan umum setdako Payakumbuh Ibu Alemugiarae, SSTP , MM dengan judul materi peran aktif pemerintah kelurahan dalam upaya P4GN.

Dikatakan Sarminal dengan materi strategi pemberdayaan masyarakat upaya yang paling baik dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba tentunya adalah melalui upaya pencegahan yang dilakukan kepada manusia sebagai calon pengguna dan pengadaan narkoba serta pemasarannya. Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain melalui pencegahan primer (Primary Prevention.

Pencegahan ini kata Sarminal, dilakukan kepada orang yang belum mengenal Narkoba serta komponen masyarakat yang berpotensi dapat mencegah penyalahgunaan narkoba. “Tentu saja dengan melalui penyuluhan tentang bahaya narkoba, penerangan melalui berbagai media tentang bahaya narkoba dan pendidikan tentang pengetahuan narkoba dan bahayanya,” ujar Sarminal.

Kemudian lanjut Sarminal, pencegahan Sekunder (Secondary Prevention. Pencegahan ini dilakukan kepada orang yang sedang coba-coba menyalahgunakan Narkoba serta komponen masyarakat yang berpotensi dapat membantu agar berhenti dari penyalahgunaan narkoba.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam upaya pencegahan ini antara lain dengan melakukan pendeteksian dini anak yang menyalahgunaan narkoba Melakukan konseling, bimbingan sosial melalui kunjungan rumah, penerangan dan pendidikan pengembangan individu, (life skills) antara lain tentang ketrampilan berkomunikasi, ketrampilan menolak tekanan orang lain dan ketrampilan mengambil keputusan dengan baik,” tegas Sarminal.

Kemudian pencegahan Tertier (Tertiary Prevention ) dengan pencegahan ini dilakukan kepada orang yang sedang menggunakan narkoba dan yang pernah/mantan pengguna narkoba, serta komponen masyarakat yang berpotensi dapat membantu agar berhenti dari penyalahgunaan narkoba dan membantu bekas korban naroba untuk dapat menghindari

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam upaya pencegahan ini antara lain konseling dan bimbingan sosial kepada pengguna dan keluarga serta kelompok lingkungannya. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi bekas pengguna agar mereka tidak terjerat untuk kembali sebagai pengguna narkoba.

“Selain pencegahan yang telah disebutkan, maka wahana yang paling berpotensi untuk dapat menghindari penyalahgunaan narkoba adalah dari lingkungan keluarga,”sebut Sarminal.

Kegiatan diikuti sebanyak 20 Peserta Dari kelurahan yang di tunjuk oleh Kecamatan Se Kota Payakumbuh,kegitan berjalan sangat antusias dan aktif dalam sesi diskusi dan Mebahas tentang Pembentukan Kelurahan Bersinar di Kota Payakumbuh.

Kegitan berjalan dengan baik dan Kegiatan dilaksanakan dengan Menggunakan Protokol Kesehatan, Cuci Tangan Sebelum Masuk Ruangan, Mengukur Suhu Tubuh peserta, menggunakan masker, dan Jaga Jarak tempat duduk peserta.(uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional