Menu

Berlajar Sejarah Tabuik 

  Dibaca : 84 kali
Berlajar Sejarah Tabuik 
Pesta Budaya Festival Tabuik (foto : pewarta nusantara)

PARIAMAN, METRO – Siswa Siswi SMP N 1 Pariaman ekskul Jurnalistik dengan mengambil tema belajar tentang tabuik. Rombongan siswa-siswi itu melakukan kunjungi rumah tabuik Subarang.

Sebanyak 14 pelajar kelas VIII SMP N 1 Pariaman, yang dipimpin guru pendampingnya, Novi Musnaldi, mengulas tentang tabuik, dimana pada saat ini, Kota Pariaman sedang menggelar Festival Budaya Tabuik dari 1-15 September mendatang.

Ekskul Jurnalistik ini, adalah salah satu ekstra kurikuler yang ada di SMP N 1 Pariaman, SMP segudang prestasi yang ada di Kota Pariaman.

“Kita di ekskul Jurnalistik ini, menanamkan kepada para pelajar untuk dapat membuat berita, dan menggali potensi menulis yang mereka punya, sehingga nantinya mereka dapat membuat sebuah berita dengan menarik dan benar,” ucap Novi Musnaldi.

“Kenapa kita mengangkat tema jurnalistik kali ini tentang Tabuik, karena Kota Pariaman akan melaksanakan puncak acara Tabuik 15 September mendatang, event budaya kebanggan masyarakat Pariaman,” tuturnya lebih lanjut.

Ia berharap, melalui tulisan dan kunjungan mereka ke Rumah Tabuik Subarang ini, menambah wawasan mereka dan bisa merangkainya menjadi sebuah berita yang menarik, dan juga mereka dapat bercerita tentang bagaimana Budaya Tabuik Pariaman ini mesti harus kita pertahankan, tutupnya.

Ari Mulya Siddiq, siswa kelas 8.4, salah satu peserta Ekskul Jurnalistik SMP N 1 Pariaman ini mengatakan bahwa ia sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini

“Saya tertarik dengan jurnalistik, karena itu dari kelas VII saya sudah mengambil Ekskul Jurnalistik ini, apalagi bisa belajar dan mengenal lebih jauh tentang Tabuik Pariaman, di Rumah Tabuik Subarang ini,” jelasnya.

Kunjungan ini bertepatan dengan proses membuat Tabuik dimana pembuat Tabuik Subarang, Ade Ratman, juga menjelaskan tentang prosesi apa saja yang dilaksanakan di Rumah Tabuik Subarang, melalui deorama yang ada disana. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional