Menu

Berkunjung Dua Hari, Nasrul Abit Garansi Perbaikan Jalan Garabak Data

  Dibaca : 368 kali
Berkunjung Dua Hari, Nasrul Abit Garansi Perbaikan Jalan Garabak Data
Wagub Sumbar Nasrul Abit mencoba tracking di jalan tanah yang telah dibuka sejak 1998.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kunjungi warga Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok. Kunjungan dilakukan dua hari berturut-turut, Senin (10/8) dan Selasa (11/8).

Hasilnya, daerah itu membutuhkan banyak sentuhan pembangunan. Akses jalan yang masih berkubang tanah, apalagi akses telekomunikasi yang antara ada dan tiada. Apalagi kunjungan itu hanya beberapa hari menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI.

Kunjungan Nasrul Abit menjadi harapan baru bagi masyarakat di Nagari Garabak Data. Mereka menumpuk harapannya kepada Wakil Gubernur Sumbar itu. Selama di Garabak Data, Nasrul Abit menginap di rumah salah seorang warga.

“Kita harus buka semua penghambat, agar perekonomian di sini tetap jalan,” ucap Nasrul Abit, spontan saat berkunjung.

Diketahui akses menuju Garabak Data telah 22 tahun belum disentuh aspal. Sementara jalan itu sangat dinanti oleh masyarakat perbaikannya, karena jalan tersebut sangat strategis bagi masyarakat antarkecamatan, untuk mengangkut hasil panen sawah.

Sejak 1998, pembangunan jalan Garabak Data terhenti karena jalan itu masuk kawasan hutan lindung. Pada akhir 2019, Pemprov Sumbar sudah mengajukan pengurusannya. Tahun 2020 ini masih dalam proses.

Nasrul Abit menegaskan pembangunan infrastruktur jalan adalah prioritas utama dalam peningkatan perekonomian Sumbar. Dengan diperbaikinya jalan, maka Garabak Data terbebas dari status daerah terisolir.

Tidak hanya itu saja, Nasrul Abit garansi perbaikan 17 Km jalan di Garabak Data Kabupaten Solok itu, dengan harapan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain jalan kendala lainnya, adalah jaringan telekomunikasi, fasilitas pendidikan, kesehatan, dan tak kalah pentingnya adalah sanitasi.

“Semua kendala ini akan kita bahas nantinya bersama kita carikan solusinya,” ujar Nasrul Abit.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Garabak Data, Pardinal, menyebutkan masyarakat Garabak Data tertumpang harapannya pada Nasrul Abit untuk membangun infrastruktur dan perekonomian di Garabak Data.

“Kami bersyukur atas kunjungan ini, apalagi Pak Nasrul Abit, yang sangat mengerti keadaan Sumatera Barat. Mudah-mudahan dengan kunjungan beliau ini, membawa kembali harapan baru bagi kami semua. Kita berharap kehadiran rombongan ini bisa memperbaiki infrastruktur jalan menuju kecamatan, hanya itu, agar kami bisa terbebas dari keterpencilan,” tutur Pardinal.

Ikut dalam rombongan itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Asben Hendri, Kepala Biro Kerja Sama Pembangunan dan Rantau Luhur Budianda, Kepala Biro Pemerintahan Sumbar Iqbal Ramadi Payana, beserta rombongan OPD lainnya.

Nasrul Abit memang dikenal memberikan banyak perhatian bagi daerah terpencil. Sebelumnya, Nasrul Abit juga berkunjung ke daerah terpencil di Pasaman dan Kepulauan Mentawai. (*/hsn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional